sign up SIGN UP

LIFE

Brain Food, 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Dian Aprilia | Kamis, 01 Apr 2021 15:30 WIB
Brain Food, 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kinerja Otak
caption

Sudahkah kamu menjaga dan merawat kesehatan otak? Otak bisa disebut sebagai organ paling penting dalam tubuh manusia. Sebab otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat (SSP) bersama dengan saraf tulang belakang. Sistem tersebut yang memungkinkan manusia bisa bergerak dan beraktivitas.

Mengingat betapa pentingnya peranan otak, maka kita perlu menjaga dan merawatnya agar bisa bekerja dengan optimal. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan otak, mulai dari melatih otak, pola istirahat yang cukup, olahraga, dan juga pola makan.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak:

Telur

Telur
Telur/pexels.com

Bisa dibilang, telur adalah makanan sejuta umat. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, pasti suka dan terbiasa makan telur. Tidak hanya untuk hidangan utama, telur juga sering menjadi pelengkap di berbagai menu makanan.

Telur memiliki kandungan protein dan antioksidan yang tinggi. Selain itu telur juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan otak seperti halnya vitamin B6, B12, Folat, dan Choline. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk memperlambat penurunan daya ingat. Kekurangan vitamin B berkaitan dengan masalah kesehatan mental, yakni depresi. Selain itu, Choline berfungsi untuk membantu mengatur mood dan juga daya ingat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan/pexels.com

Siapa nih yang suka nyemil kacang? Selain bagus untuk diet karena tinggi serat, kacang-kacangan juga termasuk brain food loh. Kacang-kacangan memiliki kandungan omega-3, vitamin E dan juga antioksidan. Vitamin E dikenal mampu mencegah demensia dan meningkatkan ketajaman memori otak. Tak hanya itu vitamin E juga bagus untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang bagus untuk otak, diantaranya adalah kacang kedelai, walnut, kacang merah, kacang tanah dan berbagai jenis lain.

Ikan dan Seafood

Ikan
Ikan/pexels.com

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Tak heran jika Mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti memiliki jargon yang populer yakni ‘Kalau nggak makan ikan saya tenggelamkan!’.

Diketahui ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi, kinerja otak, dan efektif mencegah Alzeimer. Kamu bisa mendapatkan kebaikan tersebut dengan makan berbagai jenis ikan. Seperti halnya ikan tuna, salmon, tenggiri, teri, dan lainnya.

Kunyit

Kunyit
Kunyit/pexels.com

Ternyata empon-empon yang satu ini juga termasuk dalam golongan brain food loh. Kunyit biasanya diolah menjadi jamu kunyit asam atau dijadikan bumbu pelengkap di berbagai jenis masakan. Seperti halnya soto, sambal goreng, sayur kuning, dan lainnya.

Kunyit disebut brain food karena mengandung curcumin yakni antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan otak. Diantaranya adalah meningkatkan memori, meringankan depresi, membantu pertumbuhan sel saraf baru dan lainnya. Jadi jangan sepelekan kunyit ya!

Teh Hijau

Teh hijau
Teh hijau/pexels.com

Selain bagus untuk diet dan kulit, teh hijau ternyata juga bagus untuk kesehatan otak loh. Hal ini disebabkan teh hijau memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang bisa menjaga otak dari radikan bebas. Teh hijau juga bisa menurunkan risiko Alzheimer dan bisa meningkatkan memori.

Itulah berbagai jenis makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan otak. Sebaiknya agendakan untuk mengonsumsi makanan tersebut secara rutin ya, agar bisa meningkatkan kinerja otak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id