sign up SIGN UP

LIFE

Buat Kamu yang Ngaku Pecinta Kuliner, Berani Enggak Coba Makanan Ekstrim Ini?

Dyah Narwastu | Minggu, 10 Sep 2017 10:30 WIB
Buat Kamu yang Ngaku Pecinta Kuliner, Berani Enggak Coba Makanan Ekstrim Ini?
caption
Indonesia terkenal dengan beragam kuliner lezatnya. Selain menu makanan yang wajar untuk dimakan, Indonesia juga mempunyai beberapa kuliner ekstrim yang cukup aneh untuk dikonsumsi. Kira-kira apa saja sih makanan ekstrim yang bisa kamu temui di Indonesia? Ini dia daftar makanan dan rekomendasi restoran yang bisa kamu kunjungi.

Botok Tawon


Botok adalah makanan dari Jawa yang terbuat dari ampas kelapa. Untuk menambah cita rasa dan nilai gizinya, botok biasanya ditambah berbagai bahan seperti teri, udang, hingga ayam. Tapi kebayang enggak kalau bahan yang dimasukkan sebagai tambahan dalam botok adalah tawon atau lebah?

Di daerah Jawa Timur seperti Jombang dan Banyuwangi, makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan. Botok tawon punya rasa yang pedas dan sedikit asam. Tekstur daging tawon yang keras memberikan sensasi tersendiri saat makanan ini masuk ke dalam mulut.


Foto: https://hello-pet.com

Salah satu rekomendasi restoran penjual botok tawon yang bisa kamu kunjungi di Banyuwangi adalah Warung Bu Misnah. Warung ini tepatnya terletak di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi. Meskipun tempatnya sangat sederhana, namun Warung Bu Misnah punya banyak penggemar karena cita rasa khas batok tawon yang ditawarkannya.

 


Rempeyek Laron


Kalau biasanya rempeyek terbuat dari tepung yang dicampur dengan kacang atau ikan teri, berbeda dengan rempeyek yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah ini, kamu bisa menemui rempeyek yang terbuat dari laron yang dijual di pinggir jalan. Laron merupakan salah satu serangga yang punya nilai protein tinggi. Karena kandungan protein tinggi inilah, ada beberapa orang yang justru alergi dengan rempeyek laron.

 



Foto: https://www.perutgendut.com


 


Kawok


Manado memang terkenal dengan berbagai olahan kuliner ekstrimnya. Salah satu menu masakan ekstrim yang banyak digemari di Manado adalah Kawok. Kawok merupakan binatang yang dikenal juga dengan nama tikus hutan berekor putih. Salah satu restoran yang menjual Kawok adalah RM Tinoor Jaya yang terdapat di Tomohon, Sulawesi Utara. Kawok biasa diolah dengan berbagai macam bumbu, jadi kamu bisa memilih jenis masakan apa yang paling pas untuk mengolah Kawok sehingga terasa lebih lezat.

 


Foto: https://www.publik.id


 


Rujak Cingur


Buat kamu yang suka makan rujak buah, mungkin akan sedikit kaget ketika mencicipi rujak cingur. Makanan khas Surabaya ini bisa kamu beli di rumah makan Ikan Bakar Cianjur yang tersebar hampir di seantero Indonesia. Seperti namanya, rujak cingur terbuat dari berbagai jenis sayuran rebus yang dicampur dengan cingur atau hidung sapi. Sebagai dressing, terdapat bumbu kacang yang menambah kenikmatan masakan ini.

 


Foto: https://tips-cara.info


 


Sate Kuda


Kalau rekomendasi restoran sebelumnya menjual kuliner ekstrim dengan bahan binatang-binatang berukuran kecil, kuliner satu ini terbuat dari mamalia yang punya ukuran tubuh cukup besar. Di Cimahi, kamu bisa menemukan kuliner sate kuda yang dijual di Kedai Pak Yanto. Sate kuda banyak digemari karena dipercaya bagus untuk vitalitas dan ketahanan tubuh laki-laki. Meskipun begitu, banyak juga orang yang merasa jika daging kuda bisa membuat badan menjadi panas sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman setelah memakannya.

 


Foto: https://sportourism.id
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id