sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Cendol Aja, 5 Minuman Tradisional Ini Juga Bisa Nyegerin Buka Puasa Kamu!

Rima WK | Kamis, 15 Apr 2021 12:30 WIB
Bukan Cendol Aja, 5 Minuman Tradisional Ini Juga Bisa Nyegerin Buka Puasa Kamu!
caption
Jakarta -

Minuman segar dan dingin selalu menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Tak sedikit pilihan minuman segar selalu ada dalam deretan jajanan Takjil yang dijual di pasaran. 

Cuma tahu cendol atau kolak doang? Nih, Beautynesia kasih tahu minuman segar tradisional yang lebih beragam berdasarkan asal daerahnya masing-masing. Bisa juga kalian buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Es Selendang Mayang - Jakarta

Es Selendang Mayang khas Betawi.
Es Selendang Mayang/Sumber/Pinterest/Widya.

Es Selendang Mayang dari Jakarta, ini menarik perhatian dari sajian dengan tiga warna yakni hijau, merah muda dan putih yang disiram kuah santan gurih. 

Minuman ini bisa di dapatkan di deretan gerai jajanan tradisional dan dibuat sendiri dari rumah loh. Adapun bahan-bahannya yaitu tepung tapioka, hongkwe, air, vanili bubuk, gula, dan tiga perwarna kue. Kuahnya dibuat dari santan, gula, garam, dan pandan. 

Enaknya, Es Selendang ini disajikan dingin-dingin nih.

Es Lontrong - Tegal

 

[Gambas:Youtube]

Top of mind kamu soal Tegal cuma soal Warteg alias Warung Tegal doang? Eits! Nih, ada minuman segar Es Lontrong asal Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Asal mula Es Lontrong bermula dari penjual pedagang es di Gang Lontrong daerah Slawi. Es Lontrong ini berisi atas cincau hitam, kacang hijau rebus, roti, kolang-kaling, sirop merah, santan dan es batu. 

Es Air Mata Pengantin - Riau

Es Air Mata Pengantin asal Riau.
Es Air Mata Pengantin/Sumber/Pinterest/Topwisata.

Es Air Mata Pengantin ini berasal dari Kabupaten Riau. Sejarahnya, minuman ini dijadikan simbol kebahagiaan dan disajikan saat hari pernikahan.

Ciri khas Es Air Mata Pengantin ini adanya agar-agar tiga warna khas yakni merah muda, hijau dan kuning, serta biji selasih. Selain bahan-bahan tersebut, dibutuhkan segarnya serutan buah blewah, nata de coco dan sirup choco pandan. Es batunya jangan lupa, biar seger.

Es Pisang Ijo - Makasar

Es Pisang Ijo Khas Makasar.
Es Pisang Ijo Khas Makasar/Sumber/Pinterest/Resepkoki.

Es Pisang Ijo tentunya sudah familiar bagi penikmat masakan Nusantara. Makanan manis asal Makasar ini khas dengan pisang ini cocok buat teman buka puasa, nih.

Cara buatnya juga mudah. Cukup pilih pisang matang atau kukusan pisang kepok, balut dengan adonan yang diberi pewarna makanan hijau. Tambahkan bubur sumsum manis dan sirop berwarna merah sebagai penambahnya. 

Es Kuwut - Bali

[Gambas:Youtube]

Es Kuwut juga bisa jadi pilihan minuman segar yang alami tanpa bahan olahan tambahan, nih. Minuman asal Bali ini terdiri atas daging kelapa dan air kepala, yang diberi melon yang dikerok dan biji selasih. 

Minuman ini bisa disajikan dengan tambahan kesegaran perasan jeruk nipis dan tambahan gula bagi kamu yang suka manis dan jangan lupa es batu. Selamat mencoba!

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id