sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Hanya Gula, Makanan Umum Ini Lebih Buruk Efeknya Untuk Tubuh

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 20 Feb 2021 19:00 WIB
Bukan Hanya Gula, Makanan Umum Ini Lebih Buruk Efeknya Untuk Tubuh
Makanan umum yang lebih buruk efeknya untuk tubuh daripada gula/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Setiap orang memiliki pemahaman berbeda mengenai makanan sehat maupun tidak, karena setiap tubuh akan bereaksi berbeda pada tiap makanan. Namun, ada beberapa makanan yang tidak baik secara keseluruhan. Salah satu makanan tidak sehat yang paling umum adalah gula, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dan efek samping untuk tubuh.

Namun tidak hanya gula saja, ada beberapa makanan lain yang dapat membuat efek buruk. Jika dikonsumsi dalam porsi sedikit mungkin tidak akan masalah, tapi beda cerita kalau berlebihan Ladies.

Pemanis buatan

Bahan kimia ini 10 hingga 600 kali manisnya gula bergantung pasa pemanis.
Freepik.com

Aspartame atau pemanis buatan bisa meningkatkan rasa lapar lebih dari gula biasa. Bahan kimia ini 10 hingga 600 kali manisnya gula bergantung pada pemanis. Biasanya ditemukan dalam makanan kemasan, gula di toko kopi, hingga produk rendah gula. Selain itu, bisa menimbulkan rasa ngidam berlebihan pada gula alami. Kandungan ini mengganggu metabolisme dan penyimpanan lemak sehingga berat badan naik.

Minyak hidrogenasi

Minyak hidrogenasi tidak bagus untuk dikonsumsi.
Pinterest.com/leaf.tv

Coba biasakan memakai minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak nabati ketika ketika memasak hidangan sehari-hari. Selain dari minyak tersebut, minyak lain disebut sebagai minyak hidrogenasi dan tidak bagus untuk dikonsumsi.

Biasanya digunakan untuk makanan yang digoreng, makanan cepat saji, atau campuran kue. Minyak ini punya efek buruk, mulai dari padat kalori, mengandung lemak tinggi, hingga meningkatkan kolesterol.

Microwave popcorn

Dapat menyebabkan kanker dalam tubuh.
Freepik.com

Lapisan kimia yang digunakan dalam kantong popcorn microwave saat dipanaskan akan menjadi zat berbahaya. Zat yang disebut asam perfluorooctanoic ini dapat menyebabkan kanker dalam tubuh. Jadi sebisa mungkin hindari!

Daging olahan

Bisa meningkatkan resiko penyakit jantung sampai diabetes.
Freepik.com

Daging yang tidak diolah bisa sehat dan bernutrisi apabila sesuai porsi. Namun tidak dengan daging olahan, salah satunya sosis. Sosis bisa meningkatkan resiko penyakit jantung sampai diabetes. Daging olahan biasanya berasal dari hewan yang sengsara, stress, diproduksi secara massal, dan hidup dalam lingkungan tidak sehat.

Pewarna makanan

Bisa mengganggu konsentrasi, aktivitas, hingga menimbulkan alergi karena kandungan aditif.
Freepik.com

Untuk membuat makanan menarik, biasanya banyak yang memakai pewarna. Contohnya pada sereal hingga pudding, namun hal ini bisa mengganggu konsentrasi, aktivitas, hingga menimbulkan alergi karena kandungan aditif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id