sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Karena Salah Merawat, Kerusakan Rambut Bisa Terjadi Karena Penyakit!

Lifia Mawaddah | Selasa, 07 Jan 2020 13:00 WIB
Bukan Karena Salah Merawat, Kerusakan Rambut Bisa Terjadi Karena Penyakit!
caption
Sebagian besar orang beranggapan bahwa kondisi kesehatan rambut tergantung dari cara merawat rambut. Tapi, ternyata kondisi kesehatan rambutmu enggak hanya bergantung dari cara merawatnya saja lho, Ladies. Terkadang, kondisi kesehatan tubuhmu pun dapat berpengaruh terhadap kondisi rambutmu. Nah, berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum beberapa masalah rambut yang umum, namun ternyata itu adalah tanda bahwa tubuhmu enggak sehat. Yuk simak ulasannya!

Ketombe


Seperti yang banyak kita ketahui, ketombe memang enggak berbahaya. Banyak sekali alasan yang menjadi penyebab timbulnya ketombe pada rambutmu. Ketombe memang bisa saja muncul karena kamu terlalu banyak atau terlalu sering mengganti produk perawatan rambutmu. Namun, ketombe juga dapat timbul karena diet yang terlalu ketat seperti mengurangi asupan lemak dan karbohidrat. Selain itu, ketombe juga dapat muncul karena stres, masalah dengan saluran pencernaan, atau imunodefisiensi.
Foto: Istimewa


 


Rambut Rontok


Jika dalam sehari rambutmu hanya rontok sebanyak 100 helai, hal ini masih dalam kondisi normal. Akan tetapi, jika rontok yang kamu alami berlebihan, kamu perlu waspada. Rambut rontok bisa saja terjadi sebagai tanda adanya penyakit. Hal ini disebabkan oleh sistem endoktrin atau sistem kekebalan tubuhmu yang sedang bermasalah. Kerontokan rambut juga dapat terjadi akibat pertanda diabetes. Selain itu, kerontokan rambut juga bisa saja terjadi akibat stres atau kurangnya asupan vitamin dalam tubuhmu.



 



Rambut Kusam


Rambut kusam dan mati memang sering terjadi akibat terlalu sering terpapar panas dari hair dryer atau catokan rambut. Namun, rambut yang kusam juga bisa terjadi karena kamu kurang mengonsumsi vitamin. Ketika tubuhmu kekurangan asupan selenium, sulfur, dan fosfor, rambutmu bisa saja menjadi kusam dan mati. Jadi, jangan menganggap remeh masalah rambutmu ya! Selain melakukan perawatan rambut, pastikan juga asupan vitamin dalam tubuhmu tercukupi.


Foto: Istimewa


 


Rambut Berminyak


Jika kamu mengalami rambut lepek alias berminyak, hal ini bisa saja terjadi karena diet yang enggak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi lemak hewan. Selain itu, rambut berminyak juga bisa terjadi karena adanya masalah dengan metabolisme, kegagalan hormon, atau terjadi masalah pada bagian hati. Kamu bisa mengatasi masalah rambut berminyak ini dengan mencampurkan minyak pohon teh dengan shampomu. Atau kamu juga bisa mengurangi mengonsumsi daging, makanan berminyak, manisan, alkohol dan juga kopi.



 


Rambut Tipis dan Rapuh


Jika kamu sudah melakukan perawatan rambut dengan baik, namun hasilnya rambutmu tetap tipis dan rapuh, bisa saja ternyata kamu kurang mengonsumsi protein. Karena, saat tubuh kekurangan protein, kondusi tubuhmu seperti kulit, kuku, serta rambut juga akan berpengaruh. Namun bukan hanya itu saja. Rambut yang rapuh juga dapat menjadi tanda adanya penyakit insomnia kronis, tekanan darah tinggi, atau nyeri punggung.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id