sign up SIGN UP

LIFE

Cari Tahu Penyebab Kamu Terlalu Sering Mimisan di Sini

Anggiputriw | Rabu, 30 Jan 2019 11:00 WIB
Cari Tahu Penyebab Kamu Terlalu Sering Mimisan di Sini
caption
Kamu pernah mimisan? Awalnya pasti ketakutan karena banyak darah yang keluar dari hidung. Penyebab mimisan tiap orang pasti berbeda-beda satu orang dengan orang lainnya. Penyebab mimisan bisa dari yang kecil hingga mengarah ke suatu penyakit tertentu. Yuk simak penyebab mimisan yang harus diketahui.

1. Udara yang Kering


Penyebab mimisan yang paling umum yakni dikarenakan udara yang terlalu kering. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada iklim saat banyak terjadi infeksi saluran pernapasan atas dan suhu serta kelembapan naik turun drastis. Enggak hanya itu, perubahan suhu di lingkungan kamu juga bisa membuat hidung rentan mengalami perdarahan lho.
 


Foto: Istimewa

Namun enggak hanya iklim yang dingin, mimisan juga bisa terjadi saat iklim panas dan kering dengan kelembapan yang rendah. Biasanya hal ini terjadi saat perubahan musim. Iklim ini bisa membuat lapisan hidung retak dan berdarah.
 


2. Penggunaan Obat Pengencer Darah


Banyak obat pengencer darah sepertu Coumadin atau Jantoven, obat anti platelet Plavix, dan anti inflamasi nonsteroid dapat menjadi penyebab mimisan juga. Obat ini akan mengubah kemampuan darah untuk menggumpal dan membeku. Sehingga hidung kamu enggak bisa terhindar dari mimisan. Risikonya biasanya berupa pembekuan darah seperti kondisi jantung yakni atrium fibrilasi.
 



3. Mengalami Cedera Hidung


Kalau kamu tidak sengaja memiliki cedera hidung, maka besar kemungkinan bisa membuat pembuluh darah di hidung rusak hingga akhirnya berdarah. Penyebab mimisan yang satu ini sering kali terjadi pada anak-anak saat menggaruk hidung. Tapi, hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Kebiasaan menggaruk hidung yang gatal bisa membuat hidung terluka sehingga berdarah.
 


Foto: Istimewa

4. Masalah Kesehatan Tertentu


Penyebab mimisan terus menerus dan paling menakutkan yakni adanya masalah kesehatan tertentu. Kalau kamu mimisan tanpa tahu penyebabnya, mungkin ini sebagai gejala satau tanda dari penyakit hati, ginjal, atau konsumsi alkohol berlebih, sehingga masalah kesehatan lain bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk melakukan pembekuan darah. Masalah yang biasanya jadi penyebab mimisan seperti hipertensi dan gagal jantung. Pilek dan alergi juga bisa jadi penyebab sering mimisan karena adanya lapisan hidung yang mengalami iritasi.
 


Foto: Istimewa

Kamu harus tahu penyebab mimisan yang terjadi agar bisa mengambil langkah tepat. Jangan sepelekan mimisan yang kamu sendiri enggak tahu penyebabnya.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id