sign up SIGN UP

LIFE

Carob, Si Manis Kaya Gizi Pengganti Coklat yang Rendah Lemak

Zafira Raharjanti | Minggu, 22 Nov 2020 23:45 WIB
Carob, Si Manis Kaya Gizi Pengganti Coklat yang Rendah Lemak
caption

Carob belakangan mulai banyak diteliti dan digunakan sebagai bahan alternatif pengganti coklat. Bukan hanya karena rasa dan warna, tingginya kandungan zat gizi pada carob juga menjadi salah satu alasan carob digunakan sebagai pengganti kakao.

Tidak tanggung-tanggung, carob juga dijuluki sebagai superfood karena mengandung berbagai zat aktif seperti D-Pinitol dan cyclitols yang baik buat kesehatan lho! Yuk simak beberapa kelebihan dari carob berikut ini.

Tinggi Serat dan Rendah Lemak

Olahan carob/ Unsplash.com/photos/IXpUiUzPooE
Olahan Carob

Bubuk carob memiliki kandungan lemak empat kali lebih rendah dari kakao, yaitu hanya sekitar 0,6-0,8%. Bukan hanya rendah lemak, kandungan karbohidrat pada carob sebagian besar berupa serat pangan. Hal ini bisa sangat menguntungkan lho, terlebih buat kamu yang menderita diabetes ataupun tekanan darah tinggi.

Tanaman bernama latin Ceratonia siliqua yang berasal dari daerah Timur Tengah ini, ternyata sudah lama dikenal memiliki rasa manis alami pada buahnya. Jadi, enggak perlu diberi tambahan gula ketika diolah. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa membuat kamu tidak mudah lapar. Jadi buat kamu yang sedang diet enggak perlu takut lagi mengonsumsi cemilan manis rasa coklat.

Kaya akan Kalsium

Bubuk Coklat/ Pexels.com/photo/close-up-photography-of-cocoa-powder-691152/
Bubuk Coklat

Kandungan kalsium carob diketahui hampir tiga kali lebih banyak dari kandungan kalsium yang ada di dalam coklat. Terdapat hingga 300 mg kalsium dalam 100 gram bubuk carob. Kalsium ini merupakan salah satu jenis mineral yang baik untuk kesehatan tulang.

Bebas Kafein dan Oksalat

Carob muffin/ Pixabay.com/photos/muffin-cake-homemade-carob-4102040/
Carob Muffin

Setiap 100 gram biji coklat terdapat 23 mg kandungan kafein. Sedangkan carob diketahui merupakan produk caffeine-free atau tidak mengandung kafein sama sekali. Cocok banget buat kalian yang sensitif sama kafein tapi mau merasakan sensasi makan coklat. Tak perlu khawatir susah tidur lagi deh!

Eits, manfaatnya tidak berhenti sampai disitu! Corab juga bebas dari oksalat dan tiramin yang biasanya terdapat di biji coklat. Oksalat diketahui bisa menghambat proses penyerapan kalsium dalam tubuh dan menjadi penyebab utama terjadinya batu ginjal, sedangkan tiramin sendiri merupakan zat yang dapat memicu terjadinya migrain.

Sama seperti coklat, carob juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti misalnya brownies atau muffin.

Gimana kamu tertarik buat mencoba kembaran dari coklat yang kaya manfaat ini? Meskipun rasa dari carob tidak 100% mirip sama coklat, tanaman yang satu ini worth banget buat dicoba. Terutama buat kamu yang punya alergi coklat. Selamat mencoba!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id