sign up SIGN UP

LIFE

Cegah Infeksi Hingga Atasi Asam Urat, Begini Cara Konsumsi Biji Pepaya

Ajiest Lantang | Selasa, 28 Apr 2020 20:00 WIB
Cegah Infeksi Hingga Atasi Asam Urat, Begini Cara Konsumsi Biji Pepaya
caption
Buah Pepaya memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Tak hanya buah dan daunnya saja yang bermanfaat, biji pepaya yang biasanya dibuang ternyata juga punya segudang manfaat lho!

Biji pepaya mengandung zat antioksidan, yaitu flavonoid dan polifenol yang bagus untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Serupa dengan daging buahnya, biji pepaya kaya serat sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan.


Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal serta asam oleat bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol lipoprotein. Biji pepaya juga menjaga kesehatan ginjal dan mengatasi asam urat. Berikut manfaat biji pepaya untuk kesehatan:


Bantu Melawan Infeksi




Foto: https://pixabay.com/

Seperti dilansir dari Food Detik, kandungan nutrisi pada biji pepaya membantu menghancurkan beberapa jenis jamur dan parasite tertentu dalam tubuh. Salah satu jenis jamur tersebut adalah pathogen spesifik yang menyebabkan infeksi jamur. Biji pepaya juga membantu tubuh membunuh parasite dalam usus. Kamu bisa membuat racikan biji pepaya kering yang dicampur dengan sedikit madu untuk membersihkan parasite dalam usus.


Mengatasi Asam Urat




Foto: https://pixabay.com/

Kandungan fitokimia berupa flavonoid, tanin, dan saponin dalam biji pepaya dapat mengatasi asam urat. Flavonoid berperan dalam menurunkan asam urat dengan menghambat pembentukan asam urat di persendian. Sedangkan tanin dalam biji pepaya menurunkan asam urat dengan cara mengikat radikal selama perubahan purin menjadi asam urat.


Mencegah Kanker




Foto: https://pixabay.com/

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji pepaya dapat mengurangi peradangan melindungi terhadap perkembangan kanker. Biji pepaya yang berwarna hitam pekat dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Serta kanker lainnya seperti kanker payudara, usus besar, paru-paru hingga leukemia bisa dicegah dengan biji pepaya.


Meningkatkan Kesehatan Pencernaan




Foto: https://pixabay.com/

Tingginya kandungan serat pada biji pepaya juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan tubuh. Meningkatkan asupan serat harian juga membantu tubuh terhindar dari gejala wasir dan mencegah peradangan pada usus.


Cara Mengonsumsi Biji Pepaya




Foto: Istimewa

Dilansir dari Mommyasia, setidaknya ada 3 cara mengonsumsi biji pepaya untuk kesehatan. Pertama dengan mengeringkan biji pepaya di bawah sinar matahari atau dengan alat pengering makanan. Giling atau haluskan hingga menjadi bubuk, Bubuk biji pepaya dapat ditambahkan dalam salad, jus, sup, atau bisa juga diseduh sebagaimana menyeduh kopi atau teh.

Cara kedua yaitu dengan menumbuk biji pepaya tanpa dikeringkan terlebih dahulu, lalu campurkan dengan beragam makanan. Tumbukan biji pepaya dapat bertahan selama kurang lebih 1 minggu di dalam freezer. Cara ketiga yaitu dengan memakan langsung biji pepaya bersama daging buahnya.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id