sign up SIGN UP

LIFE

Cemilan Sehat Saat Diet, Inilah 5 Buah Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Lulu Lukyani | Kamis, 01 Apr 2021 12:15 WIB
Cemilan Sehat Saat Diet, Inilah 5 Buah Terbaik untuk Turunkan Berat Badan
caption
Jakarta -

Buah merupakan salah satu makanan yang selalu ada dalam daftar makanan sehat. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah memang membawa banyak sekali kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Di samping itu, beberapa jenis buah dan kandungannya mampu memberikan manfaat khusus, seperti membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Buah-buahan tersebut sangat cocok dijadikan cemilan sehat saat diet. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 buah terbaik untuk turunkan berat badan.

1. Apel

Buah apel.
Buah apel/Freepik

Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga terbukti mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah-buahan rendah kalori seperti apel akan membantu menahan rasa kenyang dan mengurangi dorongan untuk makan.

Studi menunjukkan, apel paling baik dikonsumsi utuh, tidak dibuat jus. Ini dimaksudkan agar manfaat penurunan berat badan dari apel bisa didapat dengan maksimal.

2. Pisang

Buah pisang.
Buah pisang/Freepik

Pisang memasok kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Bagi penderita penyakit diabetes, pisang mampu membantu mengontrol kadar insulin dan menjaga berat badan.

Sebuah studi mengatakan, mengonsumsi pisang setiap hari dapat menurunkan gula darah sekaligus kadar kolesterol bagi orang dengan penyakit kolesterol.

3. Markisa

Buah markisa.
Buah markisa/Freepik

Berasal dari Amerika Selatan, markisa termasuk buah yang padat nutrisi. Pasalnya, dalam 18 gram buah markisa sudah terdapat serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium.

Selain itu, biji markisa mengandung piceatannol, yakni zat yang mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang kelebihan berat badan.

4. Kiwi

Buah kiwi.
Buah kiwi/Freepik

Buah kiwi sangat padat nutrisi dan merupakan sumber vitamin C, vitamin E, serat, dan folat. Kandungan gula dalam kiwi tergolong rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berlebihan.

Sebuah studi yang melibatkan 41 orang pradiabetes membuktikan, mengonsumsi kiwi selama 12 minggu mampu meningkatkan kadar vitamin C, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

5. Melon

Buah melon.
Buah melon/Freepik

Terakhir, ada buah melon yang rendah kalori dan mengandung banyak air sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Mengonsumsi sekitar 150 gram melon pun hanya menyumbang 46-61 kalori.

Di samping itu, melon merupakan buah yang mengandung beta-karoten, likopen, antioksidan, serat, dan kalium. Mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi juga mampu mengefektifkan penurunan berat badan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id