sign up SIGN UP

LIFE

Cewek Wajib Tahu! 5 Makanan Ini Mampu Menyehatkan Miss V

Ayu Miranti | Senin, 25 Nov 2019 04:45 WIB
Cewek Wajib Tahu! 5 Makanan Ini Mampu Menyehatkan Miss V
caption
Menjaga kesehatan Miss V ternyata bisa dilakukan dengan mengatur pola makan sehat. Penasaran dengan deretan makanan yang menyehatkan Miss V?

Seberapa care sih kamu dengan area kewanitaan? Kecantikan yang perlu dijaga enggak hanya fisik dan wajah saja, tapi juga kesehatan Miss V. Area kewanitaan yang sehat akan membuatmu lebih percaya diri dan aktif menjalani hari. Eits, perawatan Miss V enggak hanya soal membersihkannya saja lho, tapi juga pola makan sehat yang mendukung kesehatan Miss V. Berikut ini adalah deretan bahan makanan yang menyehatkan Miss V, simak, yuk!
 


Jus Cranberry


Foto: Istimewa

Siapa nih yang sering banget mengalami anyang-anyangan? Gangguan kesehatan seperti anyang-anyangan sering kali disebabkan oleh infeksi saluran kemih akibat bakteri E Coli. Selain kurang menjaga kebersihan area kewanitaan, anyang-anyangan juga bisa terjadi karena sering menahan buang air kecil. Untuk menjaga kesehatan Miss V dari infeksi saluran kemih, jus cranberry tanpa pemanis akan sangat membantu. 

Jus cranberry kaya akan antioksidan dan acidic compounds yang membantu memerangi bakteri jahat. Tidak hanya itu, jus cranberry juga kaya vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. 


Yogurt


Foto: Istimewa
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Obstetrics and Gynecology, Faculty of Medicine, Beni-Suef University menemukan bahkan yogurt bisa membantu meredakan PMS yang sering terjadi pada perempuan. Tingkat kalsium yang tinggi pada yogurt ternyata bikin PMS lebih kalem, nih. Selain itu, yogurt kaya akan probiotics atau bakteri baik yang membantu menyeimbangkan pH, melindungi miss V dari bakteri jahat serta meningkatkan imun tubuh. 
 

Kedelai


Foto: Istimewa

Vaginal dryness tidak hanya terjadi pada wanita yang memasuki masa menopause, tapi juga perempuan aktif yang tingkat estrogennya menurun. Biasanya hal ini dialami oleh perempuan yang sedang stres, menyusui, menstruasi, selepas melahirkan dan sedang hamil. Dilansir oleh Healthline, mengkonsumsi kedelai bisa meningkatkan estrogen yang baik bagi kesehatan Miss V. Sumber kedelai bisa kamu temukan pada miso, tofu, tempe dan edamame. 
 


Jahe


Foto: Istimewa

Sebagian perempuan mengalami kram yang luar biasa saat menstruasi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon yang naik turun. Sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya seperti ibuprofen untuk meredakan kram. Dalam penelitian tersebut, perempuan diminta mengkonsumsi 250 ml jahe bubuk dalam kapsul 4 kali sehari selama 3 hari menstruasi pertama. Hasilnya, jahe terbukti bisa membantu meredakan nyeri saat haid. 


Air


Foto: Istimewa

Dr. Alyssa Dweck, MD, seorang dokter spesialis kandungan di New York sekaligus penulis buku The Complete A to Z for Your V merekomendasikan wanita untuk meminum air 8 gelas per hari agar tidak mengalami vaginal dryness. Seperti kulit, dehidrasi juga bisa membuat vulva terasa kering dan gatal. Tentu saja hal ini bisa membuat Miss V rentan terhadap infeksi dan juga risiko infeksi saluran kemih.

Gimana, sudah siap untuk menjaga kesehatan area kewanitaanmu? Pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya dan mengkonsumsi deretan makanan di atas ya. 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id