sign up SIGN UP

LIFE

Cimol, Cilok dan Pentol, Bedanya Apa Sih?

Izzul Millati Umami | Sabtu, 17 Oct 2020 07:30 WIB
Cimol, Cilok dan Pentol, Bedanya Apa Sih?
perbedaan cilok pentol dan cimol
Jakarta -

Ladies, bedanya cilok, pentol dan cimol itu apa, ya? Bentuknya yang mirip ternyata punya perbedaan, loh. Meski ketiganya dibuat dengan bahan dasar yang sama, namun ada perbedaan yang cukup besar dari ketiganya. Ladies tentu pernah bingung dengan keberadaan tiga jajanan yang mirip-mirip ini. 

Bila kita melihat kembali, ternyata ketiganya punya perbedaan yang sangat luas. Nah, perbedaan seperti apakah yang dimaksud? 


Daerah asal

cimol
cimol/sumber:instagram.com/all.s_food/

Nyatanya, cimol, cilok dan pentol merupakan makanan yang berbeda bedasarkan asal-usul. Ladies bisa mengetahuinya dari namanya. Cilok berasal dari singkatan bahasa sunda yaitu aci yang dicolok, sama persis dengan cara makan cilok dimana aci diambil dengan cara mencolok. 

Cimol sendiri merupakan singkatan dari bahasa sunda yaitu aci digemol. Maksudnya adalah aci dibuat bulat-bulat dengan cara digemol. Nah, untuk kata pentol sendiri berasal dari bahasa jawa timur. 

Tekstur ketiganya berbeda

cilok
cilok/sumber:instagram.com/enokuliner/

Bila cimol punya tekstur yang kering dengan bagian dalam yang kenyal, pentol dan cilok punya tekstur yang kenyal. Sementara itu, permukaan cilok lumayan licin. Meski begitu pentol punya tekstur yang agak kasar karena tambahan daging sapi yang membuat permukannya lebih kasar. 

Cara memasak ketiganya lumayan beda

pentol
pentol/sumber:instagram.com/pentoljulid/

Bila cilok dikukus setelah dibentuk bulat, maka cimol digoreng sampai kering setelah dibulatkan. Di dalam cilok juga diberikan isian abon, daging cincang dan juga telur. Untuk proses pembuatan pentol lumayan sama dengan proses pembuatan bakso dimana setelah dibuat adonan menggunakan sendok, maka pentol direbus sampai mengapung. 

Cara menyantap

pentol
pentol/sumber:instagram.com/pentoljulid/

Setelah cilok matang, sangat bisa disantap menggunakan tusuk sate maupun lidi dan kecap. Cilok ini kemudian akan ditotolkan ke saus sambal yang dicolok. Sementara itu, untuk pentol cara menyantapnya ada banyak pilihan yakni bisa dengan menyiraminya dengan kuah ataupun memakannya secara kering dengan saus. 

Nah, untuk cimol sendiri cara makanya sangat berbeda dari keduanya. Cimol dimakan dengan campuran bubuk dengan rasa yang berbeda. Ada bubuk keju, bbq, cabe gurih dan semacamnya. 

Nah, itulah dia perbedaan antara cimol, cilok dan pentol. Sekilas, ketiganya memang terlihat sangat mirip dengan bentuk yang sama-sama bulat. Namun, untuk kamu yang pernah memakannya, pasti terasa perbedaannya, bukan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id