sign up SIGN UP

LIFE

Coba Terapkan! Berikut Cara Menjaga Makanan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Astari Dewi Larasati | Kamis, 08 Oct 2020 12:30 WIB
Coba Terapkan! Berikut Cara Menjaga Makanan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama
caption
Jakarta -

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap makhluk hidup. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan khususnya yang bergizi. Namun ada kalanya makanan susah untuk disimpan dalam waktu tahan lama dan mempertahankan kesegarannya.

Biasanya penyimpanan tergantung pada jenis dan umur makanan, misalnya sayuran dan roti akan bertahan lebih sebentar dibandingkan kacang-kacangan. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menjaga makanan agar tetap tahan lama sebagai berikut ini.


Membungkus makanan

Kelembapan akan membuat makanan menjadi berlendir hingga menumbuhkan jamur.
Membungkus makanan/freepik.com

Pastikan semua makanan yang disimpan tidak dalam keadaan lembap. Karena kelembapan akan membuat makanan menjadi berlendir hingga menumbuhkan jamur. Namun makanan juga jangan sampai terlalu kering. Untuk mencegahnya, bungkus sayuran dengan kertas atau tisu dapur sebelum menyimpannya di lemari es. Hal ini agar mencegah sayuran dari kelembapan setidaknya untuk sementara waktu.

Simpan bumbu dapur dalam wadah tertutup

Simpan dalam wadah tertutup agar mencegahnya dari jamur.
Simpan bumbu dapur dalam wadah tertutup/freepik.com

Bumbu dapur adalah bahan paling penting untuk menambahkan rasa lezat pada bahan utama masakan. Maka dari itu, sangat penting menyimpan bumbu dapur setidaknya beberapa. Daripada menyimpannya di tempat terbuka, lebih baik simpan dalam wadah tertutup agar mencegahnya dari jamur. Agar tahan lama bisa juga menaruhnya dalam kulkas dan pastikan tertutup rapat.

Simpan dengan benar

Tidak semua makanan bisa disimpan dalam kulkas karena bisa memperngaruhi kesegaran makanan lain.
Simpan dengan benar/freepik.com

Ingat bahwa tidak semua makanan bisa disimpan dalam kulkas. Ada beberapa makanan yang harus masuk kulkas seperti kentang, tomat, buah hinga bawang bombay. Namun adapula beberapa buah yang melepaskan gas disebut etilen saat matang, dapat mempengaruhi kesegaran makanan lainnya. Oleh karena itu, tidak perlu menyimpan alpukat, pisang, dan persik di dekat buah atau sayuran lain. Lebih baik simpan secara terpisah, menjaganya agar segar dan tahan lama.

Letakkan makanan baru di belakang makanan lama

Karena berada dibelakang akan membuatnya terlupakan dan berakhir di tempat sampah.
Letakkan makanan baru dibelakang makanan lama/freepik.com

Jika makanan lama masih ada beberapa, namun sudah membeli makanan baru, maka pastikan untuk meletakkan makanan baru di belakang makanan lama. Karena berada di belakang akan membuatnya terlupakan dan berakhir di tempat sampah. Jadi konsumsi makanan lama terlebih dahulu sehingga makanan tidak mubazir. Walaupun begitu, pastikan makanan baru terpakai juga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id