sign up SIGN UP

LIFE

Deretan Keju Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Bahan Dasarnya Larva!

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Jumat, 30 Apr 2021 14:30 WIB
Deretan Keju Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Bahan Dasarnya Larva!
caption
Jakarta -

Keju merupakan salah satu panganan yang menjadi favorite banyak orang. Terbuat dari susu yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa gurih khas, keju kini sudah dikenal luas dan banyak dijadikan bahan baku dari berbagai makanan.

Kalau kamu hanya tahu ada keju cheddar dan mozzarella saja, berarti kamu belum tahu banyak soal keju. Karena sebenarnya, keju ada banyak jenisnya. Mulai terbuat dari bahan tak biasa, bahkan diolah dengan cara aneh yang mungkin tak terbayangkan olehmu. Termasuk deretan keju unik dari seluruh dunia berikut ini!

Casu Marzu

Casu Marzu
Casu Marzu/Pinterest by saver

Pernah terbayangkan kah olehmu bahwa ada keju terbuat dari larva lalat keju?

Ternyata ada loh, Ladies. Namanya adalah Cazu Marzu, tepatnya ini terbuat dari lalat keju atau cheese skipper yang termasuk ke dalam keluarga Piophila casei. Lalat keju ini sengaja dibiarkan hinggap, lalu bertelur di atas keju yang terbuat dari susu domba ini.

Dalam bahasa Sardian sendiri, Casa Marzu memang berarti keju busuk. Namun dalam memakannya, tak boleh sembarangan ternyata. Karena menurut warga lokal dari Sardinia, jika ingin memakan casu marzu, maka hanya boleh dimakan ketika belatung-belatungnya masih dalam keadaan hidup. Terbayang memakan keju dengan belatung?

Epoisess

Epoisess
Epoisess/Pinterest by formaggio kithcen

Epoisess terbuat dari susu pasteurisasi atau susu mentah. Teksturnya sangat lembut dan berasal dari daerah Burgundy, Prancis. Keju ini ditemukan oleh Robert dan Simone Berthaut pada tahun 1956. Selain karena lembut yang membuat keju ini terkenal, keunikan lainnya adalah baunya yang sangat tajam. Saking tajamnya, di beberapa transportasi umum di Prancis, keju ini dilarang loh.

Clawson Stilton Gold

Clawson stilton gold
Clawson Stilton gold/Pinterest by dailymail

Hal unik dari Clawson Stilton Gold, adalah fakta bahwa satu slice keju dengan berat 100 gram, akan dihargai 60 euro. Ini dikarenakan lembaran emas asli yang ditambahkan sebagai bahan utama keju di dalamnya. Tentu ini lebih mahal sampai 67 kali lipat dari keju Stilton standar, tetapi kemewahan lembaran emas tampaknya jadi hal yang menarik para pembeli untuk mencoba keju satu ini.

Human Cheese

Human cheese
Human cheese/pinterest by miriamsimun

Selanjutnya, bahan yang unik bahkan mungkin dapat dikatakan gila sebagai bahan keju. Karena bahan utama keju Human Cheese adalah air susu Ibu. Salah satu yang membuatnya adalah Miriam Simun yang sengaja mengumpulkan ASI dari beberapa orang ibu lalu mengolahnya menjadi sebuah keju.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id