sign up SIGN UP

LIFE

Diet Keto VS Diet Mayo, Mana yang Lebih Aman?

S Saraswathi | Senin, 03 Dec 2018 14:30 WIB
Diet Keto VS Diet Mayo, Mana yang Lebih Aman?
caption
Belakangan ini gaya hidup sehat memang sering banget jadi bahan pembicaraan yah. Banyak juga yang berusaha untuk mendapatkan tubuh dengan berat badan idela dengan cara diet. Ada 2 macam diet yang bisa membantu kalian untuk menurunkan berat badan, tapi ada bahayanya nggak yah?

Diet Keto


Sebelum melakukan dietnya, tentu kalian harus tahu dulu definisi daeri diet keto. Diet keto adalah diet yang menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Konsumi lemak ini ditujukan agar tubuh bisa mencapat kondisi ketosis di mana tubuh akan membakar lemak yang merupakan sumber energi utama. Lemak yang kita konsumsi juga akan diubah menjadi keton pada hati yang kemudian akan menjadi suplai energi untuk otak.


Foto: https://greenhealthycooking.com/

Makanan yang biasa disajikan pada diet keto adalah telur rebus, buah alpukat, sayuran hijau, keju rendah gula (tanpa olahan), dada ayam, ikan, tahu, dan tempe. Jika kalian perhatikan sebagian besar dari makanan ini adalah sumber lemak dan protein yang tinggi.

Manfaat dari diet Keto adalah:

        
  1. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes tingkat 2
  2.     
  3. Meringankan gelaja epilepsi pada anak
  4.     
  5. Mengurangi risiko penyakit jantung
  6.     
  7. Mengurangi risiko terkena gangguan pada syaraf

Perlu kalian perhatikan ketika kalian sedang menjalani diet keto adalah kalian akan mengalami beberapa keluhan seperti:


        
  1. Tubuh menjadi lemas
  2.     
  3. Mudah gelisah
  4.     
  5. Susah tidur
  6.     
  7. Mual-mual
  8.     
  9. Rasa lapar yang bisa mengganggu aktivitas
  10.     
  11. Kurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi

Keluhan ini tidak pasti terjadi, namun demikian mungkin akan terasa berat bagi kalian yang baru memulai diet keto ini. Kalau kalian belum terbiasa melakukan diet, kalian harus benar-benar memperhatikan risiko dalam menjalankan diet ini ya guys. Jangan sampai diet ini justru membuat kalian jatuh sakit atau stress.


Diet Mayo


Diet mayo adalah program diet di mana orang yang menjalani harus mengurangi konsumsi garam dan karbohidrat. Belum ada penelitian yang memberikan pernyataan bahwa diet ini dapat mengurangi berat badan dengan efektif. Sederhananya, penurunan berat terjadi karena kurangnya konsumsi karbohidrat juga.


Foto: https://resephariini.com/

Biasanya menu yang disajikan dalam diet mayo ini adalah kacang-kacangan, biji-bijian, daging dan sayur-sayuran yang dikukus atau dipanggang yang tentunya diolah tanpa menggunakan garam. Makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang menjalani diet mayo tentunya akan terasa hambar karena memang tak menggunakan garam.

Manfaat yang didapat dari diet mayo ini adalah:

        
  1. Penurunan risiko penyakit jantung
  2.     
  3. Mencegah tekanan darah tinggi
  4.     
  5. Penurunan risiko penyakit diabetes

Jika dilakukan berlebihan, diet mayo juga bisa memberikan efek negatif seperti:

        
  1. Kadar gula dalam darah naik
  2.     
  3. Berbahaya untuk penderita diabetes
  4.     
  5. Dehidrasi
  6.     
  7. Mual-mual
  8.     
  9. Mudah lelah
  10.     
  11. Mudah mengantuk
  12.     
  13. Depresi
  14.     
  15. Naiknya kadar kolesterol
  16.     
  17. Fungsi ginjal bisa terganggu

Bagi kalian yang punya penyakit diabetes, tidak disarankan untuk menjalankan diet ini ya. Untuk kalian yang baru akan menjalani diet mayo ini, bisa kalian pertimbangkan dulu sebelum benar-benar menjalaninya.


Diet Keto dan diet mayo, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kalian yang memang sudah siap dengan segala risiko yang harus kalian terima, semoga dietnya berhasil yah! Ingat, jangan sampai program diet ini mengganggu kesehatan fisik dan mental kalian yah. Hidup sehat dengan cara yang sehat pula! Jadi, kamu pilih diet keto atau mayo?


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id