sign up SIGN UP

LIFE

Enak Semua, 5 Makanan Khas Madura ini Wajib Kamu Coba

Kiki Herlina | Kamis, 18 Jun 2020 18:00 WIB
Enak Semua, 5 Makanan Khas Madura ini Wajib Kamu Coba
caption

Jika dihitung, Madura memiliki deretan makanan khas yang cukup banyak. Salah satu yang paling familiar adalah Sate Madura. Selain itu, Madura masih memiliki deretan makanan khas lainnya yang terkenal enak dan recommended. 

Setidaknya ada 5 makanan khas Madura yang bisa jadi teman wisata kuliner kamu jika ke Madura. Berikut informasinya!

1. Kaldu Kokot

Merupakan makanan khas madura yang terdiri dari sop kacang hijau dicampur dengan kikil/daging sapi/iga, disiram dengan kuah bening. Disebut sebagai makanan paling enak sekaligus unik di madura
Kaldu Kokot/Foto: Instagram.com/memehochiak8387

Beda dengan Sate Madura, makanan khas yang satu ini hanya bisa ditemukan di daerah Madura saja. Para pendatang yang ingin wisata kuliner biasanya diarahkan untuk mencicipi makanan khas yang satu ini. 


Kaldu kokot adalah makanan yang terdiri dari sop kacang hijau yang dicampur dengan kikil atau daging sapi bersama kuah bening. Perpaduan kacang hijau dengan daging sapi akan menciptakan cita rasa gurih sekaligus manis. Bagi kamu yang tidak pernah makan kaldu kokot, mungkin akan sedikit terkejut dengan cita rasa yang dihasilkan. Walau begitu, makanan khas Madura ini terkenal enak dan unik. 

2. Bebek Songkem 

Merupakan olahan daging bebek kukus yang dibumbui dengan rempah-rempah dan sambal khas madura. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai ketulang. Cocok dijadikan sebagai santap makan siang selama di madura
Bebek Songkem/Foto: Instagram.com/bebek_songkem

Seperti namanya, makanan khas Madura satu ini menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Bebaknya diberi bumbu rempah, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus hingga matang. 

Cita rasa yang dihasilkan cukup berbeda dari olahan bebek goreng atau bakar pada umumnya karena lebih menghasilkan daging bebek yang lembut. Bumbunya meresap sampai ke tulang, cocok disantap bersama sambal, lalapan, dan nasi hangat. Jika berkunjung ke Madura, Bebek Songkem wajib dicoba!

3. Nasi Serpang 

Nasi serpang merupakan makanan khas madura yang paling recomended. Hampir mirip seperti nasi rames, hanya saja isian lauk pauknya lebih banyak dan beragam. Cocok dijadikan sebagai menu sarapan selama berada di madura
Nasi Serpang/Foto: Instagram.com/duniakulinersurabaya

Makanan enak khas Madura lainnya yang wajib masuk list kuliner selanjutnya adalah Nasi Serpang. Makanan ini sebenarnya hampir sama dengan nasi rames pada umumnya, hanya saja topping yang diberikan cukup berbeda. 

Nasi Serpang merupakan nasi yang dicampur dengan berbagai macam lauk pauk, yaitu kerang, telur asin, dendeng sapi, mie soun, pepes tongkol udang, tahu, rempeyek kacang, kerupuk kulit, kemudian disiram dengan kuah santan dan diberi sambal terasi. Nasi beserta lauk pauk tersebut disajikan dengan daun pisang, cocok dijadikan sebagai santapan sarapan. 

4. Sate Laler

Sate laler/lalat merupakan makanan khas madura. Disebut sate laler karena memiliki potongan daging yang kecil-kecil mirip seperti tubuh laler/lalat.
Sate Laler/Foto: Instagram.com/roylukito

Kuliner yang satu ini sangat terkenal di daerah Madura karena namanya yang cukup nyeleneh. Jika kamu suka dengan kuliner murah, mungkin akan cocok dengan makanan khas yang satu ini

Disebut Sate Laler karena sate ini memiliki ukuran yang kecil-kecil mirip seperti tubuh laler atau lalat. Tenang, sate ini terbuat dari daging sapi yang sengaja dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan kuah kacang yang kental. 

5. Tajin Sobih 

Ilustrasi tajin sobih, makanan khas madura yang memiliki cita rasa manis. Makanan ini biasa disebut dengan bubur madura
Tajin Sobih/Foto: Instagram.com/ny.rempong

Makanan khas Madura terakhir yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah Tajin Sobih. Makanan ini sebenarnya mirip dengan bubur sumsum, hanya saja cara penyajiannya sedikit berbeda. 

Seporsi Tajin Sobih terdiri dari campuran bubur mutiara, bubur sumsum, beberapa olahan tepung kanji lainnya, dan lupis. Campuran tersebut kemudian disiram menggunakan kuah gula merah kental dan dijadikan dengan daun pisang. Makanan ini cocok dijadikan sebagai hidangan penutup. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id