sign up SIGN UP

LIFE

Enggak Perlu Beli, Kamu Bisa Bikin Yogurt Sendiri dengan Cara Ini!

Marissa Fenyapwain | Kamis, 28 Nov 2019 13:15 WIB
Enggak Perlu Beli, Kamu Bisa Bikin Yogurt Sendiri dengan Cara Ini!
caption
Yogurt adalah makanan sehat yang dianjurkan untuk melancarkan pencernaan dan baik untuk tubuh. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan membantu menjaga tekanan darah, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan banyak manfaat lainnya. Memang mudah dibeli, tapi kamu juga bisa bikin yogurt sendiri. Berikut caranya!

Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam  laktat. Makanan sehat satu ini sering menjadi pilihan desert atau sebagai pengganti camilan saat diet lho, Ladies.

Saat ini memang banyak produk yoghurt yang dibuat, tapi kalau bisa bikin sendiri kenapa nggak? Nah Ladies, berikut cara pembuatan yogurt yang bisa kamu bikin dirumah, disimak ya.

Bahan yang harus disiapkan :

        
  • 1000 ml Susu segar
  •     
  • 1/2 Cangkir Yogurt Plain(tidak ada rasa)

Langkah 1
Foto: https://wikihow.com

Tuang susu ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Perlu diperhatikan saat proses pemanasan jangan sampai susu mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.


Langkah 2


Foto: https://wikihow.com

Setelah merasa cukup padat, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu tidak terlalu dingin lagi. Langkah selanjutnya adalah menuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup ke dalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.


Langkah 3


Foto: https://wikihow.com

Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat atau tutup dengan apa pun yang tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.

Agar inkubasi berjalan sempurna, diamkan cairan yogurt agar cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Diamkan selama 7 jam, semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.


Langkah 4


Foto: https://pexels.com

Setelah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa.
Yogurt yang sudah jadi dapat ditempatkan diwadah plastik ataupun kaca.

Kalaupun ingin menempatkan di wadah plastik sebaiknya gunakan diwadah plastik agak tebal.
Tapi jika ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.
Yogurt plain buatan sendiri ini bisa Ladies sajikan dengan toping buah-buahan.

Selamat mencoba!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id