sign up SIGN UP

LIFE

Fakta Tentang Hazmat, Pakaian Tenaga Medis Untuk Lindungi Diri dari Virus Corona

Mei Hidayah | Selasa, 31 Mar 2020 03:00 WIB
Fakta Tentang Hazmat, Pakaian Tenaga Medis Untuk Lindungi Diri dari Virus Corona
caption
Saat ini Indonesia tengah dilanda wabah virus yang sudah mendunia, yaitu covid-19. Tentu hal ini membuat kewaspadaan masyarakat Indonesia meningkat. Tak hanya itu, tim medis yang sekarang sedang berusaha keras menangani pasien yang sudah terjangkit virus ini pun mulai kewalahan. Untuk menangani pasien yang terjangkit covid-19, tentu para tim medis harus memakai seragam khusus demi keselamatan selama bertugas. Seragam ini dikenal dengan hazmat. Apakah itu? Berikut fakta-fakta tentang hazmat!

Apakah Pakaian Hazmat itu?


Saat ini kita sering menjumpai para tim media yang menangani virus covid-19 memakai pakaian hazmat. Lalu, apakah kamu sudah tahu, apakah pakaian hazmat ini?

Hazmat sendiri adalah singkatan dari hazardous materials atau bahan-bahan berbahaya. Pakaian ini juga disebut dengan pakaian dekontaminasi. Perlengkapan perlindungan diri ini terdiri dari bahan impermeabel yang dapat melindungi diri dari material yang berbahaya.

Nah, pakaian ini juga dilengkapi dengan alat bantu pernapasan khusus bagi penggunanya agar dapat bernapas dengan baik.

Pakaian hazmat biasanya dimanfaatkan oleh pemadam kebakaran, peneliti, paramedis, dan pekerjaan lain yang bekerja di lingkungan yang beracun. Maka tak heran jika pakaian hazmat ini saat ini dipakai oleh tim medis untuk merawat pasien covid-19.
Foto: Istimewa


 


Bagaimana Cara Memakainya?


Alat pelindung diri ini mirip dengan pakaian para astronot kan? Hazmat akan digunakan untuk melapisi pakaian normal yang biasa dipakai. Kemudian, pemakai seragam hazmat ini harus memakai sarung tangan, lengan, tudung sepatu, dan masker wajah untuk memastikan tidak ada celah yang dapat dimasuki virus. Setelah itu pada bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki, wajah, leher, dan pinggang pun dikunci.
Foto: Istimewa


 


Bagaimana Cara Melepas Pakaian Hazmat?


Selain cara memakainya yang cukup susah, pakaian hamat ini juga cukup susah saat akan dilepas dari tubuh. Maka, pemakai pakaian hazmat ini harus memahami prosedur cara melepas dengan benar. Nah, ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Melepaskan sarung tangan tanpa menyentuh bagian luarnya karena bagian luar pakaian ini sudah dianggap terkontaminasi dengan virus atau pasien yang terinfeksi.
2. Hazmat dapat dilepas dengan cara menggulungnya ke bawah dari ujung ke ujung, tentu hal ini untuk menghindari bagian luar pakaian agar tidak terkena tubuh kita.
Maka tak heran jika pakaian hazmat hanya sekali pakai. Pakaian hazmat yang sudah dilepas tidak boleh dipakai kembali karena bagian luar pakaian ini dianggap sudah terkontamisi oleh virus atau pasien. Oleh karena itu, pakaian hazmat ini pun langsung dibuang setelah dipakai.


 



Berapa Harganya?


Untuk sekali pakai, tentu tenaga medis membutuhkan banyak persediaan hazmat ini di rumah sakit. Lalu berapa sih kira-kira harga dari pakaian hazmat ini? Tentunya pakaian ini memiliki harga yang cukup mahal, mengingat fungsi dari pakaian ini adalah untuk melindungi diri seseorang dari zat berbahaya. Untuk harganya pun berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mengingat pakaian hazmat hanya sekali pakai, maka tak heran jika tim medis sangat membutuhkan hazmat saat ini. Khususnya tim medis yang sedang berjuang melawan covid-19.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id