sign up SIGN UP

LIFE

Food Coma, Kebiasaan Mengantuk Setelah Makan dan Cara Mengatasinya!

Retno Wulandari | Kamis, 13 Feb 2020 05:00 WIB
Food Coma, Kebiasaan Mengantuk Setelah Makan dan Cara Mengatasinya!
caption
Mengantuk setelah makan merupakan tanda bahwa kamu mengalami kondisi yang bernama food coma, Ladies. Kondisi ini normal, namun tetap saja bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari lho. Nah, agar lebih jelas lagi mengenai food coma dan cara mengatasinya, simak artikel ini yuk!

Apa itu Food Coma?


Foto: Istimewa

Food coma merupakan sebuah kebiasaan dimana kamu merasa lemas dan mengantuk setelah makan. Meskipun kebiasaan ini normal, tetap saja hal ini bisa mengganggu aktivitas kamu khususnya di siang hari, Ladies. Food coma disebabkan oleh porsi makan yang besar dan nutrisi yang tidak seimbang dalam makanan.

Food coma terjadi karena terdapat indeks glikemik yang tinggi pada makanan yang kaya karbohidrat. Tingginya indeks glikemik inilah yang mendorong meningkatnya hormon insulin yang diketahui mampu meningkatkan penyerapan dan penggunaan glukosa dari aliran darah setelah makan.

Aktivitas ini dapat menyebabkan masuknya asam amino yang disebut dengan tryptophan ke dalam otak. Tryptophan ini kemudian dikonversi menjadi serotonin yang kerap dihubungkan dengan rasa kantuk. Inilah kenapa setelah selesai makan, tubuh akan merasa lemas dan mengantuk, Ladies.
 


Bagaimana Cara Mengatasi Food Coma?


Foto: Istimewa

Meskipun normal, kebiasaan mengantuk setelah makan tentu saja dapat mengganggu pekerjaan kamu, Ladies. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, kebiasaan food coma ini bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:
 


1. Jangan Lupa untuk Sarapan


Foto: Istimewa

Beberapa orang kerap melewatkan makan pagi karena takut telat ke kantor, kuliah, atau sekolah. Padahal, jika tidak sarapan dapat mendorong seseorang untuk makan dalam porsi yang banyak di siang hari. Hal inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya food coma.
Agar terhindar dari food coma, jangan lupa untuk sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari ya, Ladies.
 


2. Minum Air Putih Sebelum Makan


Foto: Istimewa

Ladies, dengan meminum segelas air putih pada 30 menit sebelum makan dapat membantu tubuh membersihkan kelebihan glukosa dalam urine. Hal ini bisa kamu jadikan solusi agar terhindar dari food coma.
 


3. Konsumsi Teh Hijau


Foto: Istimewa

Selain dapat membantu membakar lemak, manfaat lain dari teh hijau ialah dapat membantu memengaruhi aktivitas enzim pada pencernaan yang dapat memecah protein di dalam perut. Selain itu, dengan mengonsumsi teh hijau juga bisa mencegah rasa lapar dan membuat kamu makan dalam porsi yang sedikit.
 


4. Minum Kopi


Foto: Istimewa

Rasa lelah muncul akibat tubuh kurang fokus pada sistem saraf simpatik yang berfungsi untuk memacu kerja organ tubuh. Nah, hal ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi kopi, Ladies. Sebab, kopi dapat meningkatkan sistem saraf simpatik pada tubuh, sehingga setelah makan kamu tidak akan merasa lelah dan mengantuk lagi.
 


5. Hindari Jus Buah Setelah Makan Siang


Foto: Istimewa

Meskipun memiliki manfaat baik untuk kesehatan, faktanya kandungan serat dan nutrisi pada jus buah sangat rendah. Jika mengonsumsi jus buah setelah makan siang, hal ini akan membuat kamu lemas dan kemudian mengantuk, Ladies.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id