sign up SIGN UP

LIFE

Gaya Hidup Sehat untuk Hilangkan Bau Ketiak

Susana Handoyo | Kamis, 25 Aug 2016 01:00 WIB
Gaya Hidup Sehat untuk Hilangkan Bau Ketiak
caption
Cara menghilangkan bau badan yang disebabkan karena ketiak yang berkeringat secara alami dan paling ampuh, adalah dengan menerapkannya dalam kebiasaan atau dalam gaya hidup yang sehat. Cara ini paling aman karena tanpa mengeluarkan uang dalam jumlah besar dan tanpa efek samping. Selain itu, badan kamu akan tetap segar dalam menjalani aktivitas yang padat.

Mandi dengan Teratur


Bakteri merupakan salah satu penyebab utama dari bau badan, karena dapat memecah keringat menjadi asam yang menyebabkan bau badan. Mandi minimal 2x sehari sangat efektif untuk membersihkan bakteri di kulit. Baik juga jika menggunakan sabun anti bakteri. Sabun ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada di tubuh dan otomatis akan mengurangi intensitas bau badan kronis. Jangan lupa gosoklah ketiak dengan sabun ini setiap mandi.


Foto: Istimewa

Gunakan Handuk Bersih


        
  • Pastikan handuk rutin dicuci minimal sebulan 2x.
  •     
  • Handuk harus dijemur atau dikeringkan setiap selesai mandi.
  •     
  • Jangan biarkan handuk basah di letakkan di tempat yang tidak tersentuh udara atau panas matahari.

Penggunaan handuk yang benar adalah sebagai berikut:

        
  • Keringkan kepala terlebih dahulu hingga benar-benar kering
  •     
  • Bersihkan daerah lain jangan sampai ada air yang tersisa, terutama ketiak.
  •     
  • Keringkan seluruh badan dengan handuk kering sampai tidak ada bekas air lagi

Bekas air, terutama di ketiak memungkinkan kuman kembali berkembang dan menyebabkan bau badan saat berkeringat. Air yang kamu gunakan bisa jadi mengandung banyak kuman, jadi solusinya keringkan dengan seksama.



Foto: Istimewa

Turunkan Berat Badan


Bau ketiak kebanyakan dialami oleh orang yang obesitas, walaupun tidak semua. Solusi yang paling ampuh adalah dengan melakukan diet atau menurunkan berat badan menjadi berat badan standar. Hal ini efektif menekan jumlah keringat yang muncul melalui tubuh serta bersarangnya bakteri dalam kulit.


Foto: Istimewa

Cukur Bulu Ketiak Secara Rutin


Bulu ketiak adalah salah satu sarang kuman serta menyebabkan keringat tertahan di daerah tersebut. Hal ini akan menambah potensi bau badan menyengat pada tubuh. Dengan perawatan ini, kamu akan mengurangi bahkan menghilangkan bau ketiak yang kronis.


Foto: Istimewa

Gunakan Pakaian Bersih


Baju yang kamu gunakan adalah salah satu faktor yang menentukan bau ketiak pada tubuh. Pastikan kamu tidak menggunakan pakaian yang kotor atau tanpa dicuci dengan sabun. Termasuk pakaian yang tidak dicuci beberapa hari.


Foto: Istimewa

Jangan Gunakan Kaos Dalam


jika kamu menggunakan kaos dalam, maka bau badan yang disebabkan karena ketiak berkeringat akan meningkat 10x lipat. Gesekan yang terjadi pada kulit ketiak akan membuat keringat dan bakteri lebih leluasa. Keringat tersebut akan menimbulkan bau badan yang sangat kronis.


Pilih Baju yang Nyaman


Bahan pakaian seperti woll, kapas, dan kain sutera akan membuat kulit bernafas lebih cepat yang menyebabkan keringat dapat cepat hilang. Pakaian ini berfungsi untuk menghilangkan bau badan karena ketiak yang berkeringat.

Kamu dapat menggunakan bahan seperti katun di lapisan pakaian yang lebih dalam agar keringat tidak sampai pada baju di bagian luar. Hal ini sangat efektif untuk mencegah bau badan.


Foto: Istimewa

Hindari Rokok dan Alkohol


Bahaya rokok dan alkohol sudah tidak diragukan. Asap tembakau yang bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau tidak sedap atau bau badan menyengat.


Foto: Istimewa

Mari terapkan gaya hidup sehat, agar kamu dapat beraktivitas dengan nyaman tanpa rasa minder akibat bau badan karena ketiak berkeringat.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id