sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Memenuhi Kebutuhan Asam Folat? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!

Serlina | Rabu, 30 Aug 2017 05:00 WIB
Ingin Memenuhi Kebutuhan Asam Folat? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!
caption
Vitamin B9 atau yang dikenal dengan nama asam folat memiliki sejumlah manfaat baik, seperti meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, memproduksi sel darah merah (bersama vitamin B12), serta melindungi saraf pusat dari risiko cacat. Nah, bisa dibayangkan bukan jika kamu kurang mengonsumsi zat satu ini? Nah, oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas mengenai sejumlah makanan yang mengandung asam folat. Apa sajakah itu? Let’s check it now!


Sebelum berlanjut pada deretan makanan yang mengandung asam folat, Beautynesian perlu mengetahui jumlag asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Anak-anak membutuhkan sekitar 100-150 mcg asam folat setiap harinya. Sedangkan, dalam satu hari, remaja dan orang dewasa membutuhkan  Untuk remaja dan dewasa membutuhkan sekitar 150-350 mcg asam folat.
Tenang saja ladies, makanan yang mengandung asam folat sangat mudah ditemukan kok. Apa saja? Well, inilah 5 makanan yang mengandung asam folat yang perlu kamu konsumsi!

Kol atau Kubis

FYI, kol atau kubis memiliki kandungan asam folat yang tinggi lho. Dalam 100 gram kol atau kubis, terdapat 97 mcg asam folat yang hampir memenuhi dosis asam folat untuk anak-anak ataupun memenuhi hampir 50%  dosis asam folat harian bagi remaja dan orang dewasa. It’s awesome, right?
 


Foto: https://www.thespruce.com



Pepaya

Selanjutnya, ada pepaya, si buah manis yang menjadi solusi buang air besar yang tidak lancar karena tinggi akan serat. Namun, khasiat pepaya enggak hanya itu lho. Dengan mengonsumsi 1 buah pepaya ukuran sedang, Beautynesian telah menyerap 115 mcg asam folat lho. Yup, itulah si pepaya, buah yang manis, menyenyangkan, dan pastinya sehat bagi tubuh kamu!


Foto: https://www.slguardian.org


 





Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung asam folat yang tinggi lho. Beuatynesian akan menemukan 115 mcg asam folat pada setengah cangkir kacang merah. Sedangkan, dalam ½ cup buncis, terkandung 141 mcg asam folat yang dapat kamu serap untuk kesehatan tubuh kamu. 
 


Foto: https://www.rodalesorganiclife.com



Biji Bunga Matahari

Yup, makanan si imut ‘Hamtaro’, a.k.a biji bunga matahari yang enak banget buat dijadikan cemilan ternyata mengandung asam folat yang tinggi lho, bahkan termasuk salah satu sumbernya. Satu cup biji bunga matahari atau kuaci mengandung 152 mcg asam folat, lho. Tinggi banget bukan


Foto: https://www.stylecraze.com



Pisang

Selain pepaya, ada pula buah pisang yang mengandung asam folat meskipun bukan sebagai sumber utama.  Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 24 mcg asam folat. So yeah, kamu perlu makan beberapa pisang atau mengkombinasikannya dengan makanan yang kaya akan asam folat lainnya, untuk memenuhi kebutuhan harianmu, ladies. Tapi ingat, pisang enggak hanya mengandung asam folat, tetapi juga mineral lainnya seperti kalium, kalsium dan magnesium. So yeah, eating bananas is beneficial for your body, ladies.
 


Foto: https://www.runnersworld.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id