sign up SIGN UP

LIFE

Ini Dia 4 Makanan Penurun Kolesterol yang Wajib Kamu Ketahui

Agatha Kharisma | Selasa, 23 May 2017 03:00 WIB
Ini Dia 4 Makanan Penurun Kolesterol yang Wajib Kamu Ketahui
caption
Memang tak dapat dipungkiri bahwa rata-rata makanan tinggi kolesterol jauh lebih nikmat dibanding makanan rendah kolesterol. Coba bandingkan, semangkuk sayuran rebus dengan udang bakar atau kepiting asap. Meskipun enak di lidah, perlu diingat bahwa kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan lho. Tapi tenang, ada empat jenis makanan penurun kolesterol yang dapat kamu konsumsi untuk kesehatan. Yuk simak!


 


Oat atau Barley


Sebagai salah satu jenis makanan penurun kolesterol, oat dan barley kaya akan sejenis serat larut bernama beta-glucan yang akan mengurangi LDL (low density lipoprotein) alias si kolesterol jahat. Beta glucan akan menjadi gel yang mengikat kolesterol jahat dalam usus besar, sehingga tidak diserap oleh tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi 3 gram beta glucan dalam sehari, atau 105 gram oat kering.


Foto: https://www.purplecoworganics.com/farmers/full-cycle-ag-system/crop-specific-programs/organic-barley-oats/


 



Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, atau pistachio tergolong sebagai makanan penurun kolesterol karena kaya akan serat dan unsaturated fat yang menyehatkan jantung. Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 30 gram atau segenggam kacang walnut utuh selama enam hari tiap minggu dalam jangka waktu satu bulan berhasil menurunkan tingkat kolesterol sebanyak 5.4% dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) sebesar 9.3%.

Perlu diingat bahwa kacang mengandung banyak kalori, sehingga jangan sampai makan terlalu banyak. Usahakan mengganti makanan tinggi kalori lainnya seperti keju atau daging dengan kacang-kacangan. Pastikan bahwa kacang-kacangan yang kamu konsumsi tidak berlapis garam atau gula.


Foto: https://nutworks.com.au/news-and-events/benefits-of-nuts


 


Bayam


Sayuran hijau ini kaya akan kandungan lutein, yang telah dibuktikan bermanfaat mencegah degenerasi makular pada mata. Manfaatnya tak berhenti sampai di sana, Beautynesian. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi semangkuk makanan yang kaya lutein setiap harinya membantu mencegah serangan jantung dengan cara "membersihkan" kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.


Foto: https://foodfacts.mercola.com/spinach.html


 


Ikan Tinggi Omega-3


Gerakan makan ikan perlu didukung nih, Beautynesian. Pasalnya, mengkonsumsi ikan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi tingkat LDL dengan dua cara. Pertama, konsumsi ikan akan menggantikan konsumsi daging merah dan jeroan, sumber kolesterol jahat. Kedua, konsumsi ikan akan memberikan asupan Omega-3 yang mengurangi kadar trigliserida dalam darah, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi resiko pembekuan darah.

Beberapa jenis ikan yang dapat kamu konsumsi diantaranya:

        
  • makarel
  •     
  • trout danau
  •     
  • haring
  •     
  • sarden
  •     
  • tuna Albacore
  •     
  • salmon
  •     
  • halibut

Foto: https://www.abbottlifeplus.com/v/articles



 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id