sign up SIGN UP

LIFE

Ini Dia Rahasia Membuat Cilok Saus Kacang Kurang dari 20 Menit

Diangga | Jumat, 04 Aug 2017 08:30 WIB
Ini Dia Rahasia Membuat Cilok Saus Kacang Kurang dari 20 Menit
caption
Buat kamu para penyuka jajanan cilok, daripada harus terus membeli di luar yang belum tahu kebersihannya. Lebih baik membuat sendiri yuk, selain sehat juga bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Bagaimana caranya, ini dia rahasia membuat jajanan cilok saus kacang yang lezat dan cepat.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai aci goreng atau cireng, kali ini kita akan membahas tuntas seputar resep memasak aci colok atau cilok yang paling cepat dan mudah untuk ditiru.

Selain itu, untuk membuatnya pun kamu enggak memerlukan alat khusus ataupun skill masak setara chef kok, yang terpenting adalah kamu hanya memerlukan waktu 20 menit untuk membuat cilok lezat sebagai sajian camilan dirumah. Namun sebelum itu, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini: 
 
Foto: https://resepmakansedap.com



10 bahan aci

        
  1. 200 ml air panas (matang)
  2.     
  3. 100 gram tepung tapioka halus
  4.     
  5. 100 gram tepung terigu
  6.     
  7. 2 batang daun bawang yang sudah diris
  8.     
  9. 1 sendok makan ebi sangrai yang sudah kamu haluskan terlebih dahulu
  10.     
  11. 1 siung bawang puith
  12.     
  13. 1 sendok takar kaldu bubuk
  14.     
  15. 1/4 sendok takar merica bubuk (lada)
  16.     
  17. 1/2 sendok takar gula pasir
  18.     
  19. Garam secukupnya


Bahan bumbu cocol (saus)
        
  1. 100 gram kacang tanah
  2.     
  3. 25 gram gula merah
  4.     
  5. 3 buah cabai merah
  6.     
  7. 1 siung bawang putih
  8.     
  9. Kecap manis dan garam secukupnya (sesuai selera)

Nah, kalau semua bahan sudah lengkap, yuk langsung aja kita masuk ke dalam tahap masak-memasak berikut ini. Ikuti pelan-pelan ya.
 


Foto: https://www.sashylittlekitchen.com


1. Campurkan tepung terigu dan seluruh bumbu yang ada pada tabel bahan aci kedalam wadah lalu tuangkan dengan air panas lalu aduk hingga adonan menjadi basah. Tips : Jangan terlalu banyak memberikan air panas agar adonan tidak encer.
2. Setelah adonan diatas sudah diaduk rata, tambahkan tepung tapioka lalu aduk hingga rata. Tips: Jangan diaduk (diulen) terlalu keras agar adonan tidak terlalu kenyal, dan jika adonan masih terlalu kering untuk dibentuk, tambahkan sedikit air untuk melembabkan adonan.
3. Bentuk adonan dengan tangan lalu rebus adonan dengan air dan api kecil hingga matang (mengapung). Setelah itu angkat dan tiriskan hingga kering.
 
Foto: https://www.tokopedia.com


4. Sambil menunggu adonan tiris, buatlah bumbu cocolan dengan cara mencampurkan kacang tanah, bawang puith dan cabai kedalam penggorengan lalu goreng hingga matang. Jika sudah matang, haluskan adonan saus diatas dengan ulegan atau blender sambil tambahkan dengan gula,kecap,gula, garam dan sedikit air.


5. Angkat adonan aci yang sudah ditirikan lalu letakan diatas piring dan siramkan dengan saus kacang.

Gimana? Mudah banget kan resep cilok saus kacang kali ini?
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id