sign up SIGN UP

LIFE

Ini Dia Sejarah Si Kenyal Manis, Kue Mochi!

Mutia Isni Rahayu | Sabtu, 05 Aug 2017 12:30 WIB
Ini Dia Sejarah Si Kenyal Manis, Kue Mochi!
caption
Siapa yang tidak mengenal kue kenyal yang satu ini? Kamu mungkin mengenal kue mochi sebagai salah satu rekomendasi mochi di Jakarta atau oleh-oleh khas Sukabumi, Jawa Barat. Tapi, bagaimana ya asal usul mochi yang sebenarnya? Ini dia sejarah kue mochi yang perlu kamu tahu!



Berasal dari Jepang


Ternyata kue mochi itu asalnya dari jepang, lho. Mochi adalah saah satu kue tradisional yang sering disajikan dalam perayaan tahun baru Jepang yang biasa disebut dengan mochitsuki. Tradisi ini bahkan masih bertahan hingga saat ini. Awal mula kue mochi masuk ke Indonesia adalah dibawa oleh tentara jepang saat Jepang menduduki Indonesia. 

Ada juga yang mengatakan bahwa mochi berasal dari China. Tetapi setelah ditelusuri melalui sejarah lisan, bukan mochi yang berasal dari China. Namun warga keturunan Tionghoa memang merupakan pelopor usaha dagang mochi yang pertama di Sukabumi. 
 


Foto: https://www.youtube.com



Mochi di Indonesia



Di Indonesia, mochi dapat kamu temukan di beberapa daerah di Jawa Barat. Kue ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas terutama di daerah Sukabumi. Kue mochi yang kamu temukan di Sukabumi berbeda dengan di Jepang. Kue mochi asal Sukabumi memiliki keunikan dalam pengemasannya yaitu menggunakan keranjang bambu. Isian kacang tanah dalam mochi juga tidak ditemukan di mochi Jepang.


Foto: https://twitter.com/wiwndew



Mochi Masa Kini


Kue mochi saat ini memiliki sangat banyak variasi. Bukan hanya kue mochi berisi kacang tanah saja, sekarang rekomendasi mochi di Jakarta sudah memiliki banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, dan green tea. Selain itu kamu juga bisa menemukan mochi berisi ice cream dengan berbagai warna dan rasa. 
 


Foto: https://www.momochi.web.id/


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id