sign up SIGN UP

LIFE

Ini Nih 4 Kuliner di Lombok yang Wajib Banget Kamu Cicipi!

Agatha Kharisma | Senin, 03 Jul 2017 06:00 WIB
Ini Nih 4 Kuliner di Lombok yang Wajib Banget Kamu Cicipi!
caption
Terkenal dengan pemandangan alam yang indah, Lombok menjadi salah satu tujuan utama wisatawan domestik maupun mancanegara. Akan tetapi, berwisata ke Lombok belum lengkap tanpa mencicipi ragam hidangan khas Lombok yang lezat. Beberapa jenis kuliner di Lombok berikut ini wajib kamu coba.


 


Plecing Kangkung


Hidangan sayur khas Lombok ini terbuat kangkung rebus dengan bumbu sambal tomat yang terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi dan garam. Plecing kangkung dihidangkan dengan tauge dan kacang goreng sebagai pendamping. Yang membuat hidangan ini unik, ternyata kangkung di Lombok lebih renyah, berbeda dengan kangkung yang kita temukan di daerah lainnya.
 


Foto: https://www.wisatadilombok.com/2013/07/pelecing-kangkung-kuliner-andalan-pulau.html


 



Nasi Balap Puyung


Meskipun tampilannya tak terlalu mengundang rasa lapar, namun setelah suapan pertama para penikmat pedas pasti ketagihan. Hidangan ini terdiri dari nasi putih, daging ayam suwir bumbu pedas, kacang kedelai goreng, diakhiri dengan sambal khas. Tak jarang, hidangan ini dilengkapi dengan kering kentang, oseng buncis, telur, udang kering, hingga belut goreng. Disajikan di atas daun pisang, Nasi Balap Puyung umum dipangan untuk sarapan. 


Foto: https://blog.kulina.id/nasi-balap-khas-lombok-83a544cf251


 


Ayam Taliwang


Hidangan ayam bakar ini lain dari yang lain! Dapat dimasak dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar, Ayam Taliwang dilumuri bumbu pedas khas Lombok. Bumbu itu terbuat dari cabai merah kering, bawang putih, bawang merah, terasi goreng, tomat, kencur, gula merah, serta garam. Lebih nikmat lagi kalau menggunakan ayam kampung yang masih muda. Santap bersama plecing kangkung, hidangan ini akan segera menjadi favoritmu.


Foto: https://www.telusurindonesia.com/ayam-taliwang-kuliner-khas-lombok.html


 


Sate Tanjung


Bila umumnya sate terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi, Sate Tanjung terbuat dari daging ikan Cakalang atau ikan Langoan. Selain itu, Sate Tanjung tak akan dilumuri bumbu apapun, karena daging ikan telah direndam dalam bumbu selama beberapa jam, sebelum dibakar di atas arang. Rasanya yang gurih dan kompleks berasal dari bumbu rendaman yang rumit seperti santan dan rempah-rempah yang dihaluskan. Santap dengan nasi atau lontong, sesuai selera.


Foto: https://www.telusurindonesia.com/sate-ikan-tanjung.html


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id