sign up SIGN UP

LIFE

Ini Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal yang Wajib Kamu Tahu!

Vera Sari | Minggu, 10 Sep 2017 04:30 WIB
Ini Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal yang Wajib Kamu Tahu!
caption
Keputihan memang biasa dialami setiap wanita saat menjelang haid atau setelah haid. Cairan yang keluar dari dalam vagina ini sebenarnya tidak berbahaya. Keputihan pada wanita justru berfungsi mengeluarkan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam agar vagina tetap bersih. Perlu diketahui keputihan biasanya berupa cairan kental dan lengket, namun akan keluar cairan keputihan bening jika wanita sedang dalam masa ovulasi.

Tapi perlu diingat lho, ladies ternyata keputihan pada wanita tidak semuanya aman dan baik bagi vagina kita lho. Ada beberapa jenis keputihan yang menandakan ketidaknormalan dalam vaginamu. Yuk, ketahui lebih jauh keputihan yang normal dan tidak normal dalam ulasannya di bawah ini.
 

1. Keputihan Normal  
        
  • Berwarna Bening
Keputihan berwarana bening sangat wajar terjadi dan termasuk dalam kategori aman. Biasanya keputihan seperti ini muncul ketika menjelang menstruasi, kehamilan atau pada saat ovulasi
 
        
  • Tidak berbau

Jangan khawatir jika keputihan kamu kental asalkan yang terpenting adalah tidak berbau menyengat dan gatal yang luar biasa.


Foto: https://2.bp.blogspot.com
2. Keputihan yang tidak normal 
 
        
  • Keputihan berwarna kuning
Keputihan dimana menandakan ada infeksi di bagian vagina atau bisa juga terdapat bakteri yang merugikan (patogen). Biasanya jika ada kelainan di dalam vagina kita biasanya akan berwarna kuning dan bau yang sangat menyengat
        
  • Keputihan Berwarna abu-abu

Ciri-ciri keputihan berwarna abu-abu merupakan tanda abnormal yang disebabkan oleh bakteri atau dan kuman. Biasanya bibir vagina akan terasa sangat gatal dan memerah bahkan sampai bengkak. Duh, aga kebersihan ya, ladies.


        
  • Keputihan berwarna kehijauan

 
Jenis keputihan seperti ini juga termasuk dalam kategori abnormal yang disebabkan oleh infeksi dalam tubuh atau juga bisa disebabkan oleh penyakit seksual menular. Biasanya ketika buang air kecil bau akan sangat tercium dan vagina terasa gatal.
 


Foto: https://ciricirikeputihan.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id