sign up SIGN UP

Inilah Manfaat Besar Air Rendaman Kurma Untuk Tubuh, Yuk Mulai Konsumsi dari Sekarang

Ade Irma Suryani | Sabtu, 09 May 2020 19:00 WIB
Inilah Manfaat Besar Air Rendaman Kurma Untuk Tubuh, Yuk Mulai Konsumsi dari Sekarang
caption
Kurma adalah jenis buah yang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Karena itulah buah yang dapat mengenyangkan ini juga banyak digunakan sebagai makanan pokok. Nah, selain dapat mengonsumsinya secara langsung, manfaat besar dari buah ini juga bisa didapatkan dengan cara merendamnya.

Nabeez atau air rendaman kurma sebenarnya hampir mirip dengan infused water. Namun berbeda dengan infused water yang menggunakan berbagai buah-buahan segar, air rendaman kurma hanya menggunakan kurma saja. 

Air rendaman kurma diketahui memiliki banyak manfaat besar untuk tubuh. Kira-kira apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya di bawah ini. 


Foto: https://freepik.com


 


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Rajin mengonsumsi air rendaman kurma secara rutin diketahui dapat membuat tubuhmu lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit lho. Hal ini lantaran air rendaman kurma mengandung zat besi yang tinggi. Seperti yang diketahui, zat besi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi. Selain itu, zat besi juga bermanfaat dalam menjaga kestabilan metabolisme protein, meningkatkan hemoglobin dan mencegah anemia.


Foto: https://freepik.com


 


2. Menghilangkan Kolesterol Jahat


Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, air rendaman kurma sangat bermanfaat dalam menghilangkan kolesterol jahat. Mengingat kolesterol sendiri dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Tak hanya itu, kandungan serat juga dapat membuatmu terhindar dari sembelit dan susah buang air besar.


Foto: https://freepik.com


 


3. Membantu Proses Detoksifikasi


Air dari rendaman kurma diketahui sebagai minuman yang beralkali. Artinya, air rendaman kurma dapat menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh lho. Hal ini sendiri sangat baik dalam membantu proses detoksifikasi pada tubuh, sehingga racun-racun yang ada dalam tubuhmu dapat terbuang. Selain itu, sistem pencernaan tubuh juga terjaga.


Foto: https://freepik.com


 


4. Baik Bagi Wanita Hamil dan Menyusui


Ternyata, air rendaman kurma sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui. Hal ini lantaran kurma memiliki kandungan yang dapat membantu menguatkan otot-otot rahim. Tentunya bagi wanita hamil hal ini sangat penting ketika menjelang proses melahirkan. Selain itu, kandungan nutrisinya juga sangat baik dalam menambah kualitas produksi ASI. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi wanita hamil dan menyusui untuk mengonsumsi air rendaman kurma.


Foto: https://freepik.com


 


5. Meningkatkan Fungsi Otak


Salah satu keistimewaan kurma adalah mengandung jumlah kalium yang sangat banyak. Nah, hal ini tentunya dapat membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap oksigen dan menyebarkannya ke otak. Dengan penyebaran oksigen yang berjalan lancar di dalam otak, maka kinerja otak yang menyangkut proses berpikir, merespon dan mengingat juga dapat berjalan dengan baik.


Foto: https://freepik.com

6. Mengatasi Alergi


Selain dengan keistimewaannya yang mengandung kalium, kurma juga mengandung zat yang sangat baik berupa sulfur organik. Zat ini sendiri memiliki manfaat penting dalam mengatasi reaksi alergi lho. Salah satunya alergi kronik seperti rhinitis.


Foto: https://freepik.com


 


7. Menstabilkan Tekanan Darah


Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa air rendaman kurma mengandung banyak jumlah kalium. Nah, adanya kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah dan dalam menjaga kinerja jantung. Selain itu, kekurangan kalium sendiri akan membuat tubuhmu menjadi mudah lelah. Jadi, sangat tepat jika kamu mengonsumsi air rendaman kurma di waktu sahur dan berbuka puasa.


Foto: https://freepik.com


 


Nah, untuk membuat air rendaman kurma ini caranya sangat mudah. Cukup menyiapkan segelas air matang dan beberapa kurma dengan bilangan ganjil. Sebaiknya kurma yang digunakan adalah kurma ajwa. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan kurma jenis lain.

Kemudian rendamlah kurma ke dalam wadah yang berisi air matang tersebut dan tutup rapat. Kamu bisa mendiamkannya selama 8-12 jam, lalu meminumnya di saat waktu sahur dan berbuka puasa. Air rendaman kurma ini bisa kamu simpan di kulkas selama 1-2 hari. Namun, tidak boleh lagi dikonsumsi setelah melebihi 3 hari. Karena jika sudah melebihi 3 hari, maka air rendaman kurma tersebut telah mengalami proses fermentasi dan berubah menjadi arak. Tentunya hal ini menjadi haram jika dikonsumsi.


Foto: https://freepik.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id