sign up SIGN UP

LIFE

Intip Yuk! Proses Produksi Teh Merah Rooibos yang Hanya Tumbuh di Afrika

Nubira Maisty | Selasa, 08 Jun 2021 16:00 WIB
Intip Yuk! Proses Produksi Teh Merah Rooibos yang Hanya Tumbuh di Afrika
Foto: Teh Rooibos/Freepik.com

Pernahkah kamu mendengar soal teh herbal rooibos dari Afrika Selatan yang terkenal akan manfaat dan keunikannya? Ternyata tidak hanya produk teh rooibos itu sendiri yang menarik, proses produksinya pun sangat menarik untuk kita simak lho!

1. Penanaman Tanaman Aspalathus Linearis

Menanam benih rooibos hingga menjadi bibit
Menanam benih/Sumber: Pexels.com

Proses penanaman biasanya dilakukan pada akhir musim panas pada Februari dan Maret. Benih kecil tanaman Aspalathus Linearis ditanam di persemaian yang disiapkan dengan baik agar menghasilkan perkecambahan maksimum.

Setelah empat sampai enam hari, dua kotiledon akan muncul di atas tanah, kemudian diikuti oleh daun seperti jarum. Setelah benih berubah menjadi bibit dan mencapai ketinggian 10 hingga 20 cm, bibit akan ditransplantasi ke perkebunan dalam barisan yang rapi. Pada tahap ini, dilakukan pengendalian serangga dan gulma yang efektif agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. 

2. Panen dan Proses Fermentasi

Ilustrasi panen pada pertanian skala besar
Panen/ Sumber:Pexels.com

Dibutuhkan waktu sekitar 12-18 bulan untuk panen Aspalathus Linearis ini. Tanaman akan di pangkas untuk di panen dengan memotong cabang sepanjang 50 cm dari atas tanah. Selanjutnya hasil tanaman yang telah dipangkas diangkut ke tempat pengolahan dan fermentasi. Hasil panen tanaman ini di pangkas hingga ukurannya seragam.

Proses fermentasi dilakukan dengan sangat hati-hati yang meliputi oksidasi enzimatik. Hal ini menyebabkan rooibos "secara ajaib" berubah dari hijau menjadi warna merah/kuning yang khas. Tidak hanya itu, proses ini juga menghasilkan rasa yang luar biasa dan aroma manis yang khas.

Setelah proses fermentasi, rooibos disebarkan secara merata di atas tempat pengeringan yang luas untuk dikeringkan di bawah terik matahari Afrika. Faktor iklim Afrika yang khas ternyata berpengaruh besar terhadap hasil akhir produk rooibos ini lho!

3. Penyortiran, Pengecekan, dan Pengemasan

Ilustrasi packing sebagai tahap akhir produksi
Packing/Sumber: Pexels.com

Pada tahap akhir produksi teh rooibos, produk akan dinilai menurut panjang, warna, rasa dan aroma. Hal ini dilakukan untuk menjamin standar kualitas tinggi yang seragam untuk dikemas ke dalam teh celup atau dalam bentuk rempah. Ini diikuti dengan penyaringan, pencampuran dan perawatan uap, menggunakan peralatan canggih.

Rooibos yang sudah lolos sortir dan pengecekan akan ditimbang dan dikemas dalam kantong kertas, kantong curah atau kotak vakum yang kemudian siap untuk dikirim ke pelanggan di seluruh dunia.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id