sign up SIGN UP

LIFE

Jalani Hidup Sehat dengan Diet JSR ala Zaidul Akbar, Murah dan Simpel!

Friska Rianti | Senin, 18 Nov 2019 12:30 WIB
Jalani Hidup Sehat dengan Diet JSR ala Zaidul Akbar, Murah dan Simpel!
caption
Bagi yang sering berselancar di media sosial, tentu tak asing dengan sosok dr. Zaidul Akbar. Dokter yang memiliki 1,4 Juta pengikut di instagram ini kerap membagikan sejumlah tips mengenai pola hidup sehat yang sesuai dengan ajaran Rasulullah atau yang lebih populer dengan istilah 'Jurus Sehat Rasulullah (JSR)'.

Mudah dan low-budget, diet sehat Zaidul Akbar menjadi populer di kalangan peselancar media sosial. Diet yang dikenal dengan istilah 'Jurus Sehat Rasulullah (JSR)' ini berfokus pada penerapan pola hidup sehat dengan menghindari makanan tidak sehat dan beralih mengonsumsi whole food serta bahan makanan herbal dalam porsi yang sesuai kebutuhan. 

Diet ini dapat dilakukan siapa saja karena penerapannya tidak sulit dan murah, namun dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan tubuh. Berikut tiga langkah sederhana untuk menjalani diet JSR ala dr. Zaidul Akbar.


Foto: Istimewa

1. Hindari Makan Sampai Terlalu Kenyang



Foto: https://freepik.com/

Dalam diet JSR, kamu perlu melatih diri untuk makan sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan. Hal ini karena makan dengan mengikuti keinginan atau nafsu akan membuat seseorang makan terlalu banyak dan menjadi kekenyangan, yang mana dapat berakibat buruk pada kesehatan dan kekhusukan ibadah.

Dikutip dari Detik.com, dr. Zaidul Akbar mengingatkan kembali untuk mengisi perut dengan komposisi 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara.

"Ingat selalu komposisi perut 1/3 untuk makanan, 1/3 minuman, dan 1/3 udara. Segala yang buruk misal gula, garam, lemak harus diganti sayur, buah, dan asupan sehat lain dalam porsi secukupnya," jelas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini.



2. Puasa Sunnah



Foto: Istimewa

Jurus sehat ala Rasulullah yang selanjutnya adalah dengan rutin melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengatur asupan nutrisi asal pola makan saat berbuka tetap sehat dan tidak berlebih-lebihan. 

Dengan rutin melakukan puasa sunnah dan menghindari makanan tidak sehat, tak butuh lama untuk merasakan tubuh menjadi terasa lebih ringan dan sehat karena asupan nutrisi yang didapatkan tubuh telah diterima sesuai porsi.


3. Konsumsi Bahan Rimpang



Foto: Istimewa

Bahan rimpang atau bahan makanan herbal seperti kunyit dan jahe kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, bahan makanan ini telah banyak ditinggalkan, terutama oleh kaum muda. 

Melalui unggahannya di media sosial, dr. Zaidul Akbar kerap mengajak kaum millenial kembali memanfaatkan bahan rimpang yang murah dan mudah didapat ini dengan membagikan resep-resep JSR menggunakan bahan rimpang, madu dan juga kurma. Asal dikonsumsi sesuai kebutuhan, bahan-bahan ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan pencernaan.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id