sign up SIGN UP

LIFE

Jangan panik! Ini Cara Mengatasi Vertigo Kamu yang Kambuh

Nurul Khasanah | Minggu, 10 Feb 2019 13:20 WIB
Jangan panik! Ini Cara Mengatasi Vertigo Kamu yang Kambuh
caption
Vertigo sering digambarkan sebagai sensasi berputar-putar. Seseorang yang menderita vertigo akan merasa dirinya atau sekitarnya berputar ketika sedang pusing atau sakit kepala. Pernahkah tiba-tiba kamu merasakan sensasi berputar yang tak tertahankan sampai-sampai kamu bahkan tak sanggup untuk membuka mata karena terlalu pusing? Pada tahap tertentu yang susah ditahan, kamu bahkan akan merasakan mual dan muntah. Nah, bisa jadi kamu terkena serangan vertigo. Jangan cemas dan khawatir berikut cara mengatasi vertigo kambuh.

Penyebab dan Gejala Vertigo


Foto: Istimewa

Umumnya, gejala yang timbul saat terkena vertigo adalah pusing dengan intensitas ringan ataupun berat. Penderitanya juga dapat kehilangan keseimbangan karena merasa sekelilingnya sedang berputar. Hal ini dipengaruhi oleh telinga bagian dalam, di mana bagian dari telinga inilah yang bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh. Gangguan pada telinga bagian dalam menyebabkan penderita dapat merasa mual, muntah dan sampai berkeringat. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas karena gerakan kecil pun dapat membuat sensasi berputar tersebut datang lagi. Selain itu, penyebab seseorang menderita vertigo yang jarang terjadi adalah cedera kepala atau leher, masalah otak seperti stroke dan tumor, obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga, dan sakit kepala migrain.


Cara Mengatasi Vertigo yang Kambuh


Vertigo biasanya datang dengan tiba-tiba. Banyak orang mengira kambuhnya vertigo disebabkan oleh perubahan posisi yang mendadak, namun sebenarnya tidak. Penyebab vertigo kambuh tidak diketahui dengan pasti. Saat vertigo kambuh, kamu akan merasakan pusing, sekeliling terasa berputar, merasa tidak seimbang, mual, dan muntah.


Foto: Istimewa

Cara mengatasi vertigo yaitu sebaiknya tinggalkan segala aktivitas dan bersandarlah secara perlahan untuk mengatasi vertigo dengan cepat. Carilah tempat yang tidak terlalu terang untuk beristirahat sejenak. Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal.


Beristirahat dan berbaring sambil memejamkan mata dapat membantu mengurangi gejala mual dan sensasi berputar saat vertigo kambuh. Selain itu, jangan berpikir terlalu keras yang membuat kamu stress. Stres bisa membuat gejala vertigo bisa makin memburuk.


Foto: Istimewa

Selain beristirahat dan berbaring, cara mengatasi vertigo dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih dan kurangilah minuman berkafein, soda dan beralkohol. Vertigo dapat disebabkan dehidrasi yang mengurangi volume darah dan akibatnya suplai oksigen ke otak pun berkurang. Tidak kalah penting, cara mengatasi vertigo dengan menjaga pola makan yang sehat dan tidur yang cukup.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id