sign up SIGN UP

LIFE

Jenis & Waktu yang Tepat Berolahraga di Bulan Puasa

Rizqia Faradiba | Sabtu, 25 Jun 2016 05:00 WIB
Jenis & Waktu yang Tepat Berolahraga di Bulan Puasa
caption
Memasuki bulan puasa bukan berarti menghentikan seluruh kegiatan berolahraga. Justru, tubuh perlu dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak. Sehingga, dapat membuat metabolisme tubuh tetap berjalan dengan optimal. Berikut kiat-kiat berolahraga yang aman dilakukan saat bulan puasa.

Waktu yang Tepat untuk Berolahraga


Waktu yang cocok untuk untuk berolahraga selama bulan puasa adalah 30 menit sebelum buka puasa. Dengan itu, kamu bisa langsung minum setelah lelah berolahraga. Selain itu, jika kamu ingin berolahraga setelah buka puasa, kamu bisa melakukannya 2 jam setelah buka puasa, dengan maksud agar makanan yang kamu makan dicerna dulu oleh perut.
Foto: https://duniafitnes.com/training/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-olahraga-ini-jawabannya.html

Jenis Olahraga yang Aman di Bulan Puasa


Hindari olahraga yang terlalu berat, apalagi jika dilakukan saat kamu sedang berpuasa. Lakukanlah olahraga yang ringan seperti yoga, jogging, atau bersepeda. Yoga adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak ingin terlalu lelah dan bekeringat. Sedangkan jogging dan bersepeda dapat kamu lakukan sembari ‘ngabuburit’ bersama keluarga atau teman.
Foto: https://www.huffingtonpost.com/carolyn-gregoire/yoga-women_b_4163938.html
Foto: https://sharingdisini.com/2013/07/14/jenis-jenis-olahraga-yang-tepat-saat-berpuasa/

Tempat Terbaik untuk Berolahraga


Pililhlah tempat yang sejuk agar kamu tidak cepat kepanasan. Karena hal tersebut akan membuatmu semakin cepat kelelahan. Apabila kamu ingin berolahraga di luar, olahraga di bawah pohon mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat. Bisa juga, berolahragalah ketika kondisi cuaca sudah tidak panas lagi.
Foto: https://www.1health.id/id/home.html

Hal yang Dilarang


Walaupun olahraga selama bulan puasa sangat dianjurkan untuk keseimbangan tubuh, jangan memforsir diri sendiri. Tetap saja, saat puasa kamu akan kehilangan banyak cairan tubuh. Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat. Hal yang perlu dihindari adalah berolahraga mendekati waktu tidur. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan tubuh untuk tidur. Selain itu, asupan makanan dan waktu tidur juga penting untuk diperhatikan.
Foto: https://weeklysauce.com/health-and-wellness/feeling-exhausted-post-workout-youre-doing-it-wrong/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id