sign up SIGN UP

LIFE

Kebiasaan Buruk yang Picu Kondisi Bau Mulut

Anisalestari | Sabtu, 28 Dec 2019 04:30 WIB
Kebiasaan Buruk yang Picu Kondisi Bau Mulut
caption
Mulut bau itu wajar, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjaga agar mulut tidak bau, Ladies. Kamu bisa mulai dengan menghindari kebiasaan buruk yang picu kondisi bau mulut. Berikut informasinya!

1. Bernapas melalui mulut


Foto: https://www.freepik.com

Bernapas melalui mulut menjadi kebiasaan pertama yang sebabkan bau mulut lho, Ladies. Hal ini karena bernapas menggunakan mulut membuat air liur menguap dan bisa mengeringkan mulut serta mengurangi kemampuan mulut untuk membilas partikel makanan.Bernapas dengan mulut, terutama ketika tidur, juga dapat mengeringkan mulut dan lidah yang memungkinkan bakteri terbentuk sehingga menyebabkan bau mulut.


2. Diet


Foto: https://www.freepik.com/
Agar berat badan turun, kebanyakan wanita melakukan diet dengan cara melewatkan makan. Tubuh yang tidak menerima asupan makanan akan membuat mulut tidak menghasilkan air liur. Air liur tidak hanya membersihkan partikel makanan, tapi juga memecah makanan untuk membantunya meluncur ke bawah tenggorokan dengan lebih mudah.

Diet juga mungkin mengembangkan bau mulut karena membuat mulut kering hingga bakteri dapat bertahan lama. Untuk menghindari bau mulut saat diet, usahakan untuk tetap makan dengan jangka waktu tertentu.

3. Jarang menyikat gigi


Foto: https://www.freepik.com/

Pastinya jarang menyikat gigi merupakan kebiasaan yang sebabkan bau mulut. Bakteri penyebab plak akan menumpuk. Plak ini dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan di antara gigi dan gusi sehingga menyebabkan bau mulut. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dan rutin mengganti sikat gigi serta gunakan bulu sikat yang berkualitas agar ampuh menghilangkan plak yang menampung bakteri ya, Ladies.


4. Minum kopi berlebihan


Foto: https://www.freepik.com/

Minum kopi secara berlebihan merupakan kebiasaan yang sebabkan bau mulut. Hal ini disebabkan meminum kopi terutama di pagi hari dapat memicu bakteri di dalam mulut semakin banyak sehingga menyebabkan bau mulut. 



5. Merokok


Foto: https://www.freepik.com/

Merokok merupakan kebiasaan yang sebabkan bau mulut selanjutnya. Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi yang memicu timbulnya bau mulut.


6. Alkohol dan soda


Foto: https://www.freepik.com

Konsumsi minuman soda dan beralkohol menjadi kebiasaan yang sebabkan bau mulut selanjutnya. Minuman soda yang kaya akan pemanis buatan sangat buruk bagi mulut sehingga dapat memicu timbulnya bau mulut. Minuman beralkohol juga dapat memicu timbulnya bau mulut karena minuman beralkohol dapat merusak produksi air liur yang berfungsi menjaga keseimbangan pH di dalam mulut.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id