sign up SIGN UP

LIFE

Kedelai, Tak hanya Baik untuk Kesehatan Berikut Manfaatnya untuk Kecantikan!

Ade Suryani | Senin, 25 Nov 2019 14:00 WIB
Kedelai, Tak hanya Baik untuk Kesehatan Berikut Manfaatnya untuk Kecantikan!
caption
Di Indonesia, kedelai merupakan bahan makanan yang cukup berlimpah. Aneka olahannya, seperti susu, tahu dan tempe, kerap dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan harga yang murah, mengonsumsi kedelai juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Pasalnya, bahan makanan satu ini kaya akan kandungan protein, serat dan juga isoflavon. Yuk, ketahui lebih jauh seputar manfaatnya!

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Foto: https://health.detik.com

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling sering menyerang orang dewasa. Oleh karena itu, cegah resiko penyakit ini sejak dini, salah satunya melalui makanan. Menurut penelitian, kandungan protein dan isoflavon pada kedelai dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung, yaitu dengan cara mengurangi kolesterol jahat dan menurunkan kemungkinan pembekuan darah.
 


2. Mencegah Kanker


Foto: https://pixabay.com/marijana1

Kedelai juga bermanfaat untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti kanker. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dapat menangkal radikal bebas pemicu kanker. 
​​​


3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi


Foto: https://pixabay.com/rawpixel

Rutin mengonsumsi kacang kedelai juga terbukti dapat menjaga kesehatan tulang dan persendian. Kandungan mineralnya seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor amat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, otot dan sendi.
 


4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal


Foto: https://pixabay.com/PublicDomainPictures

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki indeks kadar glikemik yang rendah, jadi baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Bagi kamu yang ingin memperoleh berat badan ideal, kamu patut memasukkan kedelai ke dalam menu diet harianmu, ya.
 


5. Melembapkan Kulit


Foto: https://pixabay.com/silviarita

Para ahli menyebutkan bahwa kedelai dapat menjadi pelembap alami yang baik untuk kulit, khususnya bagi pemilik kulit kering dan kombinasi. Kandungan vitamin E nya efektif membantu melembapkan dan menutrisi area-area kulit yang mengalami kekeringan. Untuk mendapatkan manfaat moisturizer, kamu bisa menggunakan susu kedelai, minyaknya, atau produk lotion yang terbuat dari bahan baku kedelai.
 


6. Membuat Awet Muda


Foto: https://health.detik.com

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit. Dalam hal ini, kedelai dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat perbaikan serat elastin.

Selain itu, kandungan isoflavon dan vitamin E yang kaya antioksidan juga ampuh untuk mencegah tanda-tanda penuaan lainnya pada kulit, seperti mengurangi kerutan-kerutan dan garis-garis halus, bintik hitam, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa manfaat kedelai, baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Yuk, rutin konsumsi kedelai mulai dari sekarang.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id