sign up SIGN UP

LIFE

Kenali Gejala Stres pada Dirimu dengan 5 Tanda Perubahan Fisik Ini

Penny Fatikasari | Senin, 18 May 2020 04:00 WIB
Kenali Gejala Stres pada Dirimu dengan 5 Tanda Perubahan Fisik Ini
caption
Nggak hanya pekerjaan yang menumpuk, gejala stres juga bisa ditandai dengan perasaan cemas yang berlebihan. Perasaan sedih bahkan masalah berat lainnya yang kerap menghampiri diri seseorang. Namun, bagaimana tanda seseorang mengalami stres? Cari tahu dengan 5 tanda perubahan fisik ini!

Merasa Selalu Sulit Tidur


Foto: https://www.rawpixel.com/

Salah satu pertanda seseorang mengalami stres adalah merasa sulit tidur. Hal ini dikarenakan seseorang mengalami gejolak perasaan yang tidak tenang serta berpengaruh pada pikirannya. Ketika mencoba untuk tidur, seseorang justru akan merasakan ketidaknyamanan, bahkan tidur pun  merasa tak nyenyak. Enggak hanya itu, rasa kantuk kerap tak kunjung datang. Oleh karenanya, kamu bisa mensiasatinya dengan merileksasikan pikiranmu kemudian menarik napas dalam-dalam dan buang, kamu pun bisa memasang lilin aromatheraphy agar tubuh dan pikiranmu menjadi lebih rileks.
 


Muncul Keringat Berlebih


Foto: https://www.rawpixel.com/

Tanda lainnya yang mucul pada seseorang ketika menghadapi stres adalah muncul keringat berlebih pada tubuhnya. Bukan karena cuaca yang panas maupun olahraga yang dilakukan, akan tetapi keringat tersebut muncul ketika seseorang merasa pusing. Gejala ini juga dihadapi dengan perasaan bersalah maupun mengeluarkan emosi yang terpendam.

Mungkin hal ini akan dirasakan oleh orang-orang tertentu. Kamu juga bisa meredakannya dengan membuat perasaanmu kembali nyaman serta mengurangi pikiran-pikiran yang akan membuat dirimu merasa lelah.
 


Rambut Rontok


Foto: https://www.pinterest.com/

Bukan karena pemilihan produk shampo maupun hair treatment yang kurang tepat. Jika rambutmu rontok terlalu sering bahkan dalam jumlah yang banyak, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda jika dirimu mengalami stres.

Ketika hendak disisir, rambutmu akan rontok lebih banyak. Maka dari itu, kamu bisa mensiasatinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membuat dirimu kembali jauh lebih baik, misalnya seperti yoga dan meditasi. Selain itu, kamu pun bisa merawat kembali masalah kerontokan rambutmu menggunakan vitamin yang dapat memberikan kekuatan alami pada rambutmu.
 



Perut Merasa Mual serta Dada Merasa Nyeri


Foto: https://www.pinterest.com/

Tanda fisik lainnya yang menunjukan bahwa seseorang mengalami stres adalah permukaan perut merasa mual serta dada merasa nyeri seperti tersesak. Oleh karenanya, tanda stres ini dapat mengakibatkan sesorang merasa mual, maag, bahkan asam lambung meningkat.

Kamu bisa perbanyak konsumsi air putih serta mengkompres permukaan perutmu dengan air hangat, kemudian istirahatkan tubuhmu dengan rileks. Coba jeda sejenak kegiatan-kegiatan rutin harianmu untuk membantu menenangkan suasana hati dan pikiranmu.
 


Kepala Terasa Sangat Pusing


Foto: https://www.rawpixel.com/

Tanda lainnya yang paling banyak dialami seseorang ketika mengalami stres adalah sakit kepala dan merasa sangat begitu pusing. Jika kamu meredakan rasa sakit kepala dengan meminum obat tetapi hasilnya tetap saja tak membaik, maka segeralah berkonsultasi ke pihak medis terkait untuk menindak lanjuti gejala yang kamu rasakan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id