sign up SIGN UP

Kenali Lebih Jauh Satu-Satunya Daerah Penghasil Teh Rooibos

Nubira Maisty | Minggu, 27 Jun 2021 16:30 WIB
Kenali Lebih Jauh Satu-Satunya Daerah Penghasil Teh Rooibos
caption
Satu-satu nya daerah yang mampu memproduksi tanaman penghasil teh rooibos adalah Afrika Selatan
Afrika Selatan Daerah Penghasil Teh Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Teh Rooibos mungkin masih sedikit keberadaannya di Indonesia. Selain karena teh ini memang tergolong teh herbal yang cukup langka, ternyata produk teh herbal ini sangat berkaitan dengan daerah asalnya lho! Yuk simak pemaparannya:

Teh Rooibos memiliki status Indikator Geografis sejak 2014 karena teh ini terbukti hanya mampu tumbuh secara alami di Afrika Selatan. Dilansir dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Indikator Geografis atau lebih dikenal Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis. Di antaranya termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Indikator Geografis tertanda pada sebuah sertifikasi yang wajib diurus oleh daerah yang bersangkutan sebagai produsen suatu produk. Indikator Geografis juga berfungsi sebagai penunjuk kualitas dari suatu produk. Kualitas tersebut diperoleh dari penilaian cuaca, alam dan tanah.

Indikator Geografis untuk Teh Rooibos sendiri ada pada wilayah Cederberg, Western Cafe, Afrika Selatan. Dimana hanya daerah tersebut yang mampu memproduksi Teh Rooibos kualitas terbaik. Hal ini tentu sangat erat kaitannya dengan kondisi geografis Afrika Selatan yang khas yaitu beriklim subtropis, banyak pegunungan dan jenis tanah yang di dominasi oleh tanah berpasir.

Dilansir dari dailymaveric.com, Afrika Selatan memproduksi 12.000 ton teh Rooibos dan mengekspornya ke 30 negara di dunia. Permintaan pasar akan teh rooibos pun kian meningkat karena banyak orang berpendapat bahwa teh rooibos ini serba guna. Selain dapat dikonsumsi sebagai teh, rooibos juga dapat dijadikan sebagai bahan tambahan di masakan utama maupun dessert.

Selain sifatnya yang serba guna, teh rooibos ini memiliki segudang manfaat mulai dari untuk kulit, rambut hingga imunitas. Berikut beberapa manfaatnya:

Manfaat teh rooibos salah satunya untuk menebalkan dan menyehatkan rambut
Rambut sehat dengan teh rooibos/Sumber: Freepik.com
  • Mencerahkan dan menyehatkan kulit
  • Menebalkan rambut
  • Memperkuat akar rambut
  • Mengurangi ketombe
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu mencegah hipertensi dan diabetes
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mengoptimalkan kesehatan liver dan jantung
  • Meningkatkan kualitas tidur

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah kamu tertarik mencoba teh rooibos ini?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id