sign up SIGN UP

LIFE

Kuku Tak Mudah Patah dengan Perawatan Alami

Susana Handoyo | Senin, 29 Aug 2016 05:00 WIB
Kuku Tak Mudah Patah dengan Perawatan Alami
caption
Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat. Untuk itu, kamu harus selalu merawat kuku agar selalu tampak cantik dan berkilau. Setiap orang mempunyai jenis kuku yang berbeda-beda, mulai dari jenis kuku lunak, kuku rapuh, kuku kering, hingga kuku yang sehat. Semua itu hanya tergantung bagaimana kamu merawat dan menjaganya. Tak perlu ke salon untuk perawatan kuku, cukup dengan bahan alami yang ada di sekitarmu.

Minyak Zaitun


Cara traditional yang dipakai sejak jaman dulu adalah merendam kuku dengan minyak zaitun dan beberapa tetes madu. Campurkan dengan air yang hangat selama 15 atau 20 menit. Olive oil bisa membuat kuku lebih halus dan tidak gampang patah.


Foto: Istimewa

Perasan Jeruk Nipis


Rendam tanganmu ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Fungsi air jeruk ini adalah kandungan astringent-nya yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku, selain menguatkan kuku. Ini juga bisa kamu lakukan bila tangan terkena noda kunyit setelah memasak.
 


Foto: Istimewa

Jeruk Lemon


Agar kuku berkilau dan kuat, pijatlah kuku dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jeruk lemon. Setelah selesai, cuci kuku hingga bersih. Lakukan perawatan rutin.



Foto: Istimewa

Biji Anggur


Campurkan 10 anggur merah dengan dua sendok makan gula pasir ke dalam juicer/blender. Gunakan campuran itu untuk memijat kuku. Setelah selesai, bersihkan campuran tersebut dengan menggunakan handuk basah.


Foto: Istimewa

Gel Lidah Buaya


Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan yang dapat membuat kuku semakin kuat sekaligus mengkilap. Bersihkan kulit lidah buaya kemudian mengoleskan getahnya diatas kuku dan biarkan selama beberapa saat sampai mengering. Bilaslah menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus rutin melakukan treatment ini setiap hari sebelum tidur.


Foto: Istimewa

Belimbing Wuluh


Buah yang rasanya asam ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kuku secara tradisional. Blimbing wuluh merupakan buah yang mengandung banyak air dan vitamin yang dapat membuat kuku semakin kuat dan tidak lembek. Potonglah belimbing wuluh kemudian gosokan ke seluruh bagian kuku agar kotoran juga dapat terangkat.

Setelah selesai, bersihkan sisa air belimbing wuluh menggunakan air bersih seperti mencuci tangan. Cara merawat kuku dengan belimbing wuluh ini dapat kamu lakukan setiap hari sebelum tidur malam.


Foto: Istimewa

Bawang Putih


Kupas bawang putih kemudian tusuk-tusukkan pada kuku dan gosokkan pada permukaan kuku. Diamkan sebentar dan cuci tangan hingga bau bawang putih hilang. Lakukan perawatan rutin.
 
Foto: Istimewa

Mudah bukan perawatan alami pada kuku? Lakukan secara rutin agar kamu mendapatkan kuku yang indah dan cantik.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id