sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan Hal Berikut Saat Tak Bisa Tidur karena Rasa Lapar yang Melanda

Mellisa | Kamis, 03 Nov 2016 05:00 WIB
Lakukan Hal Berikut Saat Tak Bisa Tidur karena Rasa Lapar yang Melanda
caption
Bagi mereka yang sedang menjalani program diet mungkin pernah merasakan rasa lapar yang tiba-tiba muncul di malam hari. Hal inilah yang kemudian membuat kita susah untuk tidur. 3 tips sederhana berikut bisa kamu coba terapkan agar terbebas dari nyemil di malam hari.

Minum Air Putih Hangat


Minuman hangat seperti hot milk ataupun semangkuk sup diketahui mampu menekan rasa lapar. Namun perlu diingat, kalori dan garam merupakan hal-hal yang harus dihindari sebelum tidur. Terlebih lagi jika kamu sedang dalam proses penurunan berat badan. Oleh karena itu minuman yang paling direkomendasikan adalah air putih hangat. 


Foto: https://weheartit.com/entry/260823402/search?context_type=search&context_user=Celladoowtgill&page=4&query=drink+cup+of+tea

Panaskan air putih hingga mendidih, biarkan sejenak hingga suhunya menurun, lalu minumlah secara perlahan. Meskipun tergolong non-kalori, air putih hangat mampu memberi efek mengenyangkan dan membuat tubuhmu lebih rileks sehingga dapat tidur lebih nyenyak.


Mengunyah Permen Karet


Jika kamu malas untuk pergi ke dapur untuk merebus air, atau ada perasaan ingin mengunyah sesuatu di dalam mulut, pilihlah permen karet bebas gula. Mengunyah dapat meminimalkan rasa lapar sehingga kamu lebih mudah untuk tidur.


Foto: https://weheartit.com/entry/96207252/

Namun perlu diingat, permen karet yang mengandung gula jika dikonsumsi sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan gigi. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sugar-less chewing gum. Selain itu, jika kamu tertidur dalam keadaan masih mengunyah permen karet di dalam mulut, ada kemungkinan permen akan keluar dari mulut dan mengenai rambut ataupun kasur. Jadi, sebaiknya buang permen terlebih dahulu saat dirasa kamu sudah mulai mengantuk setelah mengunyahnya.


Menekan Titik Pijat


Ada titik pijat yang bisa kamu coba untuk menekan rasa lapar sekaligus membuat agar kita bisa tidur lebih cepat.


a. Titik untuk Menekan Rasa Lapar (terletak di telinga)


Foto: https://hanimi.jp/articles/596

Tekan titik ini dengan menggunakan jari telunjuk selama kurang lebih 1 menit di setiap telinga. Dengan menekan titik ini kamu dapat menghambat sinyal lapar ke otak, sehingga keinginan untuk makan ataupun ngemil menjadi hilang.


b. Titik untuk Cepat Tidur (terletak di jari tengah)


Foto: https://www.cbynumjuiceplus.com/archives/651

Titik ini terletak di jari tengah tepat di bawah kuku. Tekan bagian tepi jari menggunakan ibu jari dan telunjuk selama beberapa menit. 


Selain mengganggu program diet yang sedang kamu jalani, kurang tidur juga tidak baik bagi kesehatan kulit. 3 trik sederhana di atas bisa kamu coba terapkan untuk dapatkan tubuh dan juga kulit yang cantik.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id