sign up SIGN UP

LIFE

Lindungi Kulit dari Polusi dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

Lilis Suhartini | Jumat, 20 Sep 2019 10:45 WIB
Lindungi Kulit dari Polusi dengan Konsumsi 7 Makanan Ini
caption
Masalah polusi telah meningkat secara signifikan, tentu saja kamu juga harus ekstra untuk menjaga kesehatan. Apalagi bagi kamu yang bekerja di ibukota. Setiap hari kamu akan terpapar oleh polusi. Tidak cukup hanya degan menggunakan masker untuk menyaring udara, kamu dapat melindungi diri dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Brokoli


 

source: https://hellosehat.com/

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa anti-karsinogenik. Senyawa ini membantu mengeluarkan kadar karsinogen yang lebih tinggi, dikenal sebagai benzena melalui usus kita. Selain itu, vitamin C dalam jumlah banyak yang ditemukan dalam brokoli membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. 100 gram brokoli mengandung 89 gram vitamin C, jumlah yang lebih banyak dibanding yang terkandung dalam buah jeruk. Sayuran ini juga kaya akan beta-karoten dan sejumlah antioksidan. 


Tomat


 


source: https://2.bp.blogspot.com/

Tomat kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan likopen antioksidan yang membantu mengurangi peradangan saluran napas. Tomat juga semakin mengurangi kemungkinan asma dan masalah pernapasan lainnya, termasuk yang disebabkan oleh polusi.

Selain itu, likopen membantu menjaga kadar radikal bebas dalam keseimbangan, melindungi tubuh terhadap penyakit pernapasan dan kondisi kesehatan lainnya. Beta-karoten dalam tomat diketahui memperlambat penuaan paru-paru. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, orang dewasa yang makan lebih dari dua tomat sehari memiliki tingkat penurunan fungsi paru alami yang lebih lambat.


Flaxseed


 

source: https://3.bp.blogspot.com/

Flaxseed atau biji rami sangat kuat dengan asam lemak omega-3 dan fitoestrogen. Asam lemak omega-3 melindungi sistem kardiovaskular dan membantu mengurangi efek kabut asap. Sementara itu, fitoestrogen memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi gejala asma dan reaksi alergi lainnya di paru-paru.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam salad, smoothie, atau hanya memanggangnya dan memakannya sebagai pilihan camilan sehat. Makanan lain dengan jumlah asam lemak omega-3 yang lebih tinggi adalah kacang kenari, telur, ikan, dan kedelai.


Minyak Zaitun


 

source: https://blue.kumparan.com/

Minyak zaitun merumahkan senyawa yang disebut alfa-tokoferol yang membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Asam lemak yang terkandung dalam minyak zaitun juga membantu mengurangi peradangan. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam masakan atau menambahkannya pada salad.


Jahe


 

source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Kaya akan unsur anti-inflamasi yang kuat, jahe adalah adaptogen alami yang membantu menjaga sistem adrenal tetap sehat dan baik-baik saja. Nah, hal ini yang akan membantu kamu untuk mentolerir dan menahan stres yang berbeda, termasuk polusi udara. Kamu bisa menyeduhnya dan menikmatinya pada malam hari, hal ini akan membuat tubuhmu menjadi lebih segar esok hari.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id