sign up SIGN UP

LIFE

Makanan Alternatif untuk Diet

Elsa Febriastari | Jumat, 02 Oct 2015 01:30 WIB
Makanan Alternatif untuk Diet
caption
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Oat ini bisa menjadi salah satu alternatif menu untuk diet. Berikut cara sehat dan lezat dalam mengonsumsi oat.
Pipi tembem, lipatan di perut, pinggul yang terlihat besar, merupakan beberapa bagian tubuh yang dirasa kurang sempurna bagi wanita. Kita pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, namun tetap sehat. Berbagai cara sudah dilakukan, mulai membatasi pola makan, diet sehat, dan berolahraga. Sayangnya, tak jarang kita merasa lelah dengan berat badan yang tidak mudah turun.
Oatmeal bisa menjadi alternatif menu untuk diet menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Hanya dengan mengganti nasi pada makan pagi dan makan malam, oatmeal akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Sebab, oatmeal merupakan makanan yang kaya serat, dan juga beta glucan, vitamin, mineral, serta antioksidan. Seperti yang dilansir oleh Health Kompas, secangkir oatmeal mengandung 4 gram serat atau setara dengan satu buah apel.
Oats are very low in sugar, with only 1% coming from sucrose. About 11% of the carbs are fiber, and 85% consists of starch.https://authoritynutrition.com/foods/oats/
2. Saat makan siang, Minasan bisa mencampurkan semangkuk oatmeal dan yogurt. Tujuannya untuk membantu pencernaan lebih baik dan sehat. Selain itu, campuran yogurt ini juga membantu agar rasa oatmealnya tidak terlalu hambar.
3. Saat makan malam, Minasan bisa mengonsumsi oatmeal untuk mengurangi porsi makan malamnya. Atau lebih baiknya lagi, menu makan malamnya hanya oatmeal. Agar jumlah kalori yang masuk tidak terlalu berlebihan.
Selain itu, bila sudah mulai bosan dengan oatmeal. Minasan juga bisa mengkreasikannya seperti beberapa contoh berikut ini.

Sebagai Pengganti Nasi


Dalam 100 gram oatmeal memiliki serat sebesar 10.6 gram. Sedangkan, nasi hanya 0.4 gram saja. Dengan kandungan serat yang lebih besar dibandingkan nasi, oatmeal mampu membuat perut kenyang lebih lama sebagai menu untuk diet. Cukup memasak 3 sendok makan oat dan tambahkan sayur-mayur seperti video di bawah ini.

[Gambas:Youtube]

Cemilan Sehat


Ketika perut sudah berbunyi, kita lebih sering mencari camilan manis untuk mengganjalnya. Saat diet, oatmeal bisa dijadikan cemilan dengan membuatnya menjadi pancake sehat. Minasan hanya perlu menyiapkan: 60 gram tepung terigu, 1/2 sendok teh bubuk kayu manis, 1 sendok baking powder, sedikit garam, 1 sendok makan brown sugar, 1 butir telur, 158 ml susu, 2 sendok makan yogurt, 1/2 sendok teh ekstrak vanila, 30 gram dark chocolate (optional).

[Gambas:Youtube]

Overnight Oat


Makanan yang sedang tren ini, baik untuk dikonsumsi sebagai menu untuk diet saat sarapan. Selain itu, Minasan juga bisa mencampur dengan bahan-bahan lainnya agar tidak bosan. Cara membuatnya juga mudah, oatmeal hanya dicampur dengan buah-buahan yang dikemas dalam gelas kaca dan disimpan dalam kulkas. Ada banyak kreasi untuk overnight oat, seperti dalam video dibawah ini.

[Gambas:Youtube]


Consume only 900 to 1,200 calories per day for the first seven days to jump start your diet and cleanse the system. Then, amp your calorie intake up to 1,000 to 1,300 calories per day for 30 days.https://www.livestrong.com/article/31401-lose-weight-oatmeal-diet/
Jika oatmeal yang dikonsumsi lebih rendah dari angka minimal. Tubuh kita akan kekurangan nutrisi, lho. Untuk itu, Minasan bisa mencampurkan susu rendah lemak dan buah-buahan seperti berry. Bisa juga dicampurkan smoothies yang terbuat dari buah, sayur, susu, dan yogurt, agar nutrisi dalam tubuh tetap seimbang. Tak lupa, tetap olahraga ya, Minasan. Untuk mempercepat pembakaran kalori dan menghilangkan lemak yang menumpuk ditubuh. Selamat mencoba, Minasan!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id