sign up SIGN UP

LIFE

Makanan Berbuka Puasa Ini Dapat Membuat Tubuh Tetap Langsing

diah zaenab | Minggu, 05 Jun 2016 01:00 WIB
Makanan Berbuka Puasa Ini Dapat Membuat Tubuh Tetap Langsing
caption
Saat sedang berbuka puasa, rasanya kita ingin memasukkan semua menu makanan yang menggugah selera kita ke dalam menu berbuka puasa. Padahal tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, salah memilih menu berbuka puasa juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan loh. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga pola makan yang baik agar tubuh tetap fit dan langsing saat puasa.
Berikut adalah 4 makanan berbuka puasa yang dapat membuat tubuh tetap langsing. Tinggal kamu kreasikan saja sesuai selera, sehingga kamu tidak mudah merasa bosan karena menunya bervariasi.

1. Buah


Saat berbuka puasa memang disunnahkan untuk mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Namun, bukan berarti kamu akan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula, ya! Agar badan tetap fit dan sehat serta tidak mudah gemuk, sebaiknya konsumsilah buah kurma atau buah lainnya yang kamu sukai. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh serta dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Selain itu, perut juga tidak kaget karena tidak langsung diberi makanan berat setelah seharian berpuasa.
Foto: https://selingkaran.com/news/read/2613/2015/05/manfaat-dan-khasiat-buah-kurma/

2. Nasi Merah


Nasi merah merupakan pilihan ideal untuk mengganti nasi putih yang biasa kita makan. Beras merah mengandung serat yang tinggi serta gula yang lebih rendah dari nasi putih. Selain itu, nasi merah juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak mudah merasa lapar. Selain nasi merah, oat juga bisa kamu jadikan pilihan menu sehat saat berbuka puasa. Kamu bisa menambahkan beberapa potongan buah agar rasanya semakin nikmat.
Foto: https://www.allianz.co.id/community-detail/manfaat-nasi-merah-bagi-kesehatan-5798-1

3. Sayuran


Selain buah, sayuran juga mengandung banyak vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa mengonsumsi sayuran dengan cara dijadikan sayur, ditumis, atau direbus dan dijadikan gado-gado. Sungguh nikmat bukan?
Foto: https://manfaatbagus.com/15-manfaat-sayuran.html

4. Kacang-kacangan


Protein juga diperlukan oleh tubuh. Kamu bisa memberi asupan protein ke dalam tubuh dengan mengonsumsi kacang kacangan saat berbuka. Kacang-kacangan ini juga dapat kamu campur dengan sayuran hijau atau dimasak menjadi sayur atau olahan lainnya. Kamu juga bisa memilih tempe yang bisa kamu olah sesuka hati.
Foto: https://alatbekammurah.com/khasiat-hebat-kacang-kacangan-untuk-kesehatan/
Itu dia makanan sehat saat berbuka puasa. Alangkah baiknya jika kita memasak sendiri makanan yang akan dimakan. Karena dengan membuat sendiri akan lebih jelas kualitas dan kebersihannya. Semoga bermanfaat, ya!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id