sign up SIGN UP

LIFE

Makanan Lezat untuk Menurunkan Berat Badan

Mellisa | Rabu, 28 Oct 2015 05:00 WIB
Makanan Lezat untuk Menurunkan Berat Badan
caption
Makanan yang harus dikonsumsi saat menjalani program penurunan berat badan tidak selalu sayur-sayuran hijau. Masih ada beberapa makanan lain yang tidak hanya dapat membantu melancarkan program diet, tetapi juga bisa memuaskan lidah. Simak daftar berikut ini.

Telur


Telur kaya akan protein dapat mengenyangkan. Oleh karena itu, telur bisa menjadi pilihan asupan yang tepat jika ingin menurunkan berat badan. Telur dapat dinikmati untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Ada berbagai cara untuk mengolah telur sehingga tidak akan membuat kamu bosan. Misalnya sebutir telur rebus untuk sarapan pagi, atau omelet dengan campuran bayam dan potongan tomat untuk menu makan malam.
Foto: https://weheartit.com/entry/160072955/search?context_type=search&context_user=EasyOrigami&query=hard+boiled+eggs

Oatmeal


Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi oatmeal setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol dan ukuran pinggang dibandingkan mereka yang mengonsumsi mie dengan jumlah karbohidrat yang sama.
Foto: https://weheartit.com/entry/204547486/search?context_type=search&context_user=xclusively&query=oatmeal
Ganti sereal yang biasa kamu konsumsi di pagi hari dengan semangkuk oatmeal untuk sarapan. Oatmeal mampu memberikan kalori serta serat yang cukup untuk memuaskan perut sepanjang pagi. Tubuh mencerna oatmeal lebih lambat dibandingkan dengan sereal bergula yang penuh dengan karbohidrat olahan. Selain itu, dengan mengonsumsi oatmeal dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil, meningkatkan energi, dan menjaga perut tetap kenyang lebih lama.

Dark Chocolate


Foto: https://www.popsugar.com/fitness/Dark-Chocolate-Benefits-Workouts-Study-Finds-18594800
Dark chocolate dengan kualitas yang baik dapat memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti sayuran berdaun hijau. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, dark chocolate dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi dan mencegah arteriosclerosis. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan mencegah naiknya kadar gula darah, mencegah untuk makan berlebih.

Alpukat


Foto: https://weheartit.com/entry/204207669/search?context_type=search&context_user=kathi19052000&query=avocado+salad
Sayuran memang menjadi teman terbaik jika kamu ingin menurunkan berat badan. Tetapi ingat, tubuh juga masih memerlukan lemak. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah lemak yang sehat, salah satunya yaitu alpukat. Sebuah studi dalam Nutrition Jurnal mengemukakan bahwa mereka yang mengonsumsi setengah alpukat segar saat makan siang mampu menurunkan rasa ingin makan hingga beberapa jam kemudian. Ingin cari camilan sehat? Alpukat bisa menjadi pilihan.

Chia Seed


Mungkin chia seed belum terlalu dikenal oleh banyak orang, tetapi jika kamu menginginkan makanan enak yang bersahabat dengan ukuran lingkar pinggangmu, chia seed salah satu yang direkomendasikan. Chia merupakan biji yang berasal dari tanaman yang terdapat di daerah gurun di Meksiko. Kata chia sendiri berarti kekuatan, dan dalam cerita rakyat, chia sering digunakan sebagai penambah energi. Chia mengandung asam lemak omega-3, karbohidrat, protein, serat, antioksidan, dan kalsium. Secara teori, chia seed mengembang di dalam perut sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.
Foto: https://food.allwomenstalk.com/foods-thatll-help-you-lose-the-weight-you-want-gone/6/
Chia seed dikatakan dapat menyatu ke berbagai jenis makanan maupun minuman. Biasanya chia seed digunakan sebagai tambahan pada sereal, saus, sayuran, nasi, yogurt atau dicampurkan ke dalam minuman.

Keju


Foto: https://gourmet.lovetoknow.com/How_to_Make_Feta_Cheese
Di dalam 28gr keju terdapat 6gr atau lebih protein yang terkandung. Keju bisa menjadi camilan yang menyenangkan bila dikombinasikan dengan apel atau cracker gandum. Keju juga mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan oleh para wanita. Pilihlah keju rendah lemak seperti mozzarella atau keju yang memiliki rasa yang lebih tajam seperti cheddar atau feta cheese, sehingga bisa memberikan kepuasan walapun hanya dengan potongan kecil.

Greek Yogurt


Foto: https://cnynews.com/usda-approves-getting-greek-yogurt-on-school-lunch-menus/
Greek yogurt memiliki kadar protein dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa. Tubuh mencerna protein lebih lama daripada lemak sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Pilihlah plain Greek yogurt daripada yogurt dengan rasa buah (menghindari kandungan gula yang terlalu banyak) untuk membantu mengontrol asupan kalori tetap rendah. Plain Greek yogurt dengan tambahan potongan buah segar dapat memuaskan mulut dan juga perut.
Selamat menikmati santapan lezat nan sehat!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id