sign up SIGN UP

LIFE

Makin Sehat dan Berstamina dengan Korean Food (Bagian 1)

Ika Dyah | Selasa, 13 Dec 2016 12:00 WIB
Makin Sehat dan Berstamina dengan Korean Food (Bagian 1)
caption
FYI, Korean Food banyak dikonsumsi untuk kesehatan atau dikonsumsi ketika sedang sakit untuk memulihkan stamina. Jika kamu salah satu pencinta Korean food sekaligus ingin mendapatkan manfaat lainnya, yuk segera cicipin Korean food berikut ini!

1. Kongnamul Guk (Sup Tauge)


Di Korea, minum soju atau minuman keras lainnya sudah menjadi sebuah tradisi. Ketika seseorang telah mengalami mabuk karena minuman keras tersebut biasanya keesokan harinya mereka makan kongnamul guk atau sup tauge.

Kongnamul guk sendiri adalah air kaldu yang isinya tauge, ikan asin dan beberapa bumbu lainnya. Mengapa dipilih tauge? Akar tauge ternyata mengandung bahan kimia khusus yang disebut asparagines yang dapat membantu meredakan mabuk dengan cepat. Selain untuk pereda mabuk, sup tauge ini juga bisa meredakan pilek atau flu karena tauge juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Foto: https://www.maangchi.com/recipe/kongnamulguk

2. Yukgaejang


Yukgaejang adalah sup daging sapi pedas yang terdiri dari irisan daging sapi, daun bawang, dan bahan-bahan menyehatkan lainnya seperti tauge dan pakis. Jika kamu mempunyai sinus, maka dengan mengkonsumsi yukgaejang, kamu akan kepedasan sehingga membantu membersihkan sinus yang mengganggu.


Foto: https://expresikublog.blogspot.co.id/2015/03/yukgaejang-makanan-korea.html

3. Seolleongtang


Seolleongtang adalah makanan yang dibuat dengan mendidihkan bagian dari tulang, kepala, dan daging lembu dalam waktu yang lama. Hasil rebusan tersebut akan menjadi kaldu kemudian disajikan dalam mangkuk dengan mie atau nasi. Kaldu ini mengandung asam amino dan kalsium yang membantu memberi energi pada tubuh dan membantu pencernaan. Selain itu, Seolleongtang juga sangat kaya akan kolagen yang didapat dari tulang sehingga bagus juga untuk kulit.


Foto: https://www.koreanbapsang.com/2013/02/seolleongtang-beef-bone-soup.html

4. Gomtang


Gomtang adalah salah satu makanan khas Korea yang dibuat dengan cara merebus daging sapi (sandung lamur), babat, isi perut, dan ekor sapi selama berjam-jam. Mungkin akan tampak seperti Seolleongtang, akan tetapi Gomtang lebih transparan, berminyak, dan lebih flavourful. Gomtang sangat pas dikonsumsi saat musim dingin ketika kamu perlu menghangatkan tubuh. Gomtang juga dapat menambah energi yang besar untuk tubuh kamu.


Foto: https://eatbma.blogspot.co.id/2015/11/gomtang-from-hadongkwan-in-seoul-korea.html

5. Galbitang


Galbitang adalah kaldu yang dibuat dengan merebus daging sapi, tulang rusuk dan lobak selama kurang lebih 4-5 jam. Dalam penyajiannya, bisa juga ditambahkan ginseng, jujube (kurma Korea) atau kacang pinus untuk menambah manfaatnya. Galbitang banyak mengandung asam amino, vitamin, dan zat besi untuk mencegah anemia.


Foto: https://www.maangchi.com/recipe/galbitang
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id