sign up SIGN UP

LIFE

Mana yang Lebih Sehat, Berbuka Puasa dengan Teh Manis atau Air Putih Lebih Dulu?

goodnews Channel | Senin, 11 May 2020 08:00 WIB
Mana yang Lebih Sehat, Berbuka Puasa dengan Teh Manis atau Air Putih Lebih Dulu?
caption
Kira-kira kamu tim mana nih Ladies? Tim berbuka puasa dengan es teh manis atau air putih, tapi sebenarnya manasih yang lebih sehat untuk dikonsumsi?
Beberapa orang menyarankan untuk berbuka puasa dengan makan dan minum yang manis-manis. Nah, yang paling favorit dan umum dilakukan yaitu berbuka puasa dengan segelas teh manis hangat beserta cemilan legit khas arab buah kurma sebelum menyantap hidangan utama.
Foto: https://www.pexels.com/@blac-bear-2160826
Namun, sebagian pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih terlebih dahulu ketika perut benar-benar kosong untuk menghidrasi tubuh dan mencegah kekurangan cairan. Sehingga, tubuh tetap fit dan bugar saat beraktivitas sehari-hari.

Hal tersebut dibenarkan oleh pakar ahli gizi dokter Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, SGz, RD, MPH Universitas Gajah Mada Yogyakarta melalui laman Detik Health menyatakan bahwa “tetap mengonsumsi air sebanyak 8 gelas dalam sehari meski sedang berpuasa. Kamu bisa melakukannya dengan cara minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malam hari”.
 
Foto: https://www.pexels.com/@cottonbro
Sedangkan, menurut Livestrong dan America Journal of Clinic Nutrition menjelaskan bahwa “minuman teh mempunyai kandungan katekin dan antioksidan yang alami, manfaat dari antioksidan sendiri yaitu untuk melindungi dan mencegah komplikasi penyakit."
 
Foto: https://www.pexels.com/@2119877
Meski teh mengandung formula yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, para pakar tidak menyarankan meminum teh disaat perut lapar dan belum terisi makanan sama sekali. Sebab, teh ternyata juga mengandung kafein. Nah, kafein inilah yang perlu diwaspadai oleh tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kafein bisa menjadi pemicu muncul dan naiknya penyakit asam lambung. Pasti puasa Ramadanmu tidak ingin terganggu gara-gara penyakit asam lambung kan?

Maka dari itu, sangat disarankan, lebih baik membatalkan puasa dengan minum air putih terlebih dahulu ketika berbuka puasa ya, selain tidak menimbulkan resiko penyakit berbahaya lainnya, air putih merupakan sumber utama cairan tubuh yang menjaga agar stamina kita kuat, tidak lemas, kering, dan lunglai sepanjang hari.


Nah, sekarang waktunya merubah kebiasaan kita saat berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu agar tubuh tetap sehat. Semoga bermanfaat ya, Ladies!
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id