sign up SIGN UP

LIFE

Mata Sembap Meski Tidur Cukup? Ini Penyebabnya!

Fauziana Hilda | Senin, 13 Jan 2020 12:45 WIB
Mata Sembap Meski Tidur Cukup? Ini Penyebabnya!
caption
Sudah tidur cukup selama delapan jam semalam, tapi mata masih sembap? Ada banyak penyebabnya tuh, Ladies. Simak yuk!

Alergi


Image Source: https://www.freepik.com/

Penyebab mata sembap yang pertama adalah kondisi alergi musiman. Ini biasanya terjadi pada saat perubahan musim yang bisa menimbulkan hidung berair dan kongesti atau berlebihnya jumlah darah atau lendir di organ tubuh tertentu yang menyebabkan mata gatal dan sembap. Mata gatal terjadi karena adanya hubungan histamin yang dilepaskan ke sistem tubuh saat terkena alergi. Hal ini yang akan membuat mata menjadi meradang dan sembap.

Tak hanya alergi musim, pemicu terjadinya alergi lainnya seperti debu, bulu hewan, serbuk sari tanaman, polusi dan asap juga bisa menimbulkan mata sembap. Reaksi alergi yang memicu tubuh untuk melepaskan histamin membuat mata menjadi sembap dan menjadi kemerahan, berair, bahkan timbul rasa gata-gatal. 


Mengonsumsi Obat


Image Source: https://www.freepik.com/

Mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia juga bisa menjadi salah satu penyebab mata sembap, Ladies. Biasanya ini terjadi setelah menggunakan obat tetes mata.

Obat tetes mata mengandung steroid yang bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata dan membuat mata menjadi tegang. Ini bisa menyebabkan tekanan pada pembulu darah pada area kulit sekitar mata. dan membuat mata menjadi sembab. Disarankan untuk menggunakan obat tetes yang mengandung steroid sesuai dengan anjuran dokter terlebih dahulu.


Terlalu Sering Mengonsumsi Alkohol


Image Source: https://www.freepik.com/

Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menyebabkan mata menjadi sembap atau bengkak. Alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga timbul penggumpalan cairan di area mata.

Untuk mengatasinya kamu bisa kompres menggunakan sayuran dingin seperti kacang polong atau jagung dalam handuk tipis. Kemudian tempelkan pada area mata sekitar 10 menit. Cara ini akan menstimulasikan sirkulasi darah di bawah area mata sehingga mampu membantu mengempiskan gumpalan cairan. 


Faktor Lingkungan yang Bisa Menyebabkan Penyakit


Image Source: https://www.freepik.com/

Jika mengalami mata sembap dalam waktu yang lama, ini bisa jadi penyebab timbulnya penyakit hipertiroid. Penyakit ini disebabkan oleh kadar hormon tiroksin yang diproduksi kelenja tiroid secara berlebihan di dalam tubuh.

Hipertiroid bisa menimbulkan beberapa gejala seperti turunnya berat badan secara mendadak, hiperaktif, siklus mentruasi yang tak teratur, dan insomnia. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika kamu sudah mengalami penyakit ini.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id