sign up SIGN UP

LIFE

Mau Bikin Barbeque Ayam yang Enggak Pake Ribet Tapi Enak? Yuk, Simak Resepnya di Sini

Diangga | Rabu, 16 Aug 2017 12:00 WIB
Mau Bikin Barbeque Ayam yang Enggak Pake Ribet Tapi Enak? Yuk, Simak Resepnya di Sini
caption
Masih bingung mau bikin menu bakaran apa yang enak buat acara malam minggu kamu nanti berasam teman? Kalau begitu, simak dulu resep membuat barbeque ayam yang enggak pake repot dan enggak harus effort berikut ini.

Membuat barbeque yang enak enggak harus selalu menggunakan bahan-bahan yang mahal kok beautynesian. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan murah atau yang tersisa didapur rumah kamu untuk menciptakan barberque ayam yang dijamin enggak pake effort apalagi repot.

Nah, sebelum kita masuk kedalam sesi masak-memasak, ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu berikut ini.

BAHAN AYAM
        
  1. 5 potong paha ayam (jumlah atau bagian sesuai dengan selera kamu)
  2.     
  3. 4 sendok makan jerul lemon
  4.     
  5. 200 gram gula pasir
  6.     
  7. 100 ml air

BUMBU SAUS
        
  1. 5 siung bawang puith yang sudah kamu haluskan
  2.     
  3. 4 sendok makan sasu barbeque instan (merk bisa disesuaikan dengan selera dan budget kamu)
  4.     
  5. 4 sendok makan saus tomat
  6.     
  7. 2 sendok makan saus tiram instan (saori recomended)
  8.     
  9. Merica bubuk secukupnya
  10.     
  11. Garam halus secukupnya

Foto: https://www.rubios.com



Nah, kalau semua bahan sudah lengkap, yuk langsung aja kita masuk ke dalam sesi masak-memasak berikut ini. Ini disimak yah.

        
  1. Peraskan jeruk lemon keatas daging ayam lalu usapkan hingga merata kesuluruh bagian ayam lalu diamkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, cuci daging ayam hingga bersih dengan air.
  2.     
  3. Masukan bawang putih yang sudah kamu haluskan kedalam penggorengan lalu tumis hingga harum. Tips : gunakan api kecil untuk menumis
  4.     
  5. Sambil menunggu tumisan selesai, tuangkan gula dan air kedalam panci lalu panaskan hingga menjadi adonan karamel. (sisihkan)
  6.     
  7. Setelah tumisan selesai, campurkan bawang puith dengan adonan kareamel dan semua bumbu kedalam wadah lalu aduk hingga semua komponen tercampur rata sempurna
  8.     
  9. Masukan daging ayam kedalam adonan lalu diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap
  10.     
  11. Angkat daging ayam dari adonan lalu panggang dengan alat bakaran atau alat panggangan yang kamu punya. Tips : Lakukan proses pemanggangan dengan cara membolak-balik daging ayam agar tidak gosong
  12.     
  13. Sajikan ayam barbeque kamu dengan tambahan sambal, mayonais atau mash potato sebagai bahan pelengkap.

Foto: Istimewa


Gimana beauytnesian? Gampang banget kan membuat resep barbeque ayam kali ini?



(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id