sign up SIGN UP

LIFE

Mau Punya Body Goals? Ini Tips Diet Sehat untuk Vegetarian

Ranim | Selasa, 12 Nov 2019 06:00 WIB
Mau Punya Body Goals? Ini Tips Diet Sehat untuk Vegetarian
caption
Diet vegetarian sekilas terdengar bikin sengsara karena tak bisa makan produk hewani. Eits, tunggu dulu! Sebelum memulai untuk diet vegetarian, perlu diketahui bahwa Vegan dan Vegetarian adalah suatu hal yang berbeda. Nah, untuk vegetarian yang ingin melakukan diet ada tipsnya, nih.

Vegan dan vegetarian bukan suatu hal yang sama. Jika vegan sama sekali tidak menggunakan produk hewani, mulai dari hewan itu sendiri bahkan sampai produk yang dihasilkan oleh hewan tersebut. Contohnya susu, madu, keju, telur, gelatin, dan sebagainya. Berbeda dengan vegetarian yang hanya tidak mengonsumsi daging dan produk hewani, tapi beberapa masih tetap menyantap susu, telur, dan juga madu.


Foto: https://id.pinterest.com/

Diet vegetarian membuat tubuh langsing dan sehat dengan mengonsumsi banyak makanan nabati. Meski tak mengonsumsi produk hewani, diet untuk vegetarian ini memenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan sayur-sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Melakukan tips diet untuk vegetarian ini harus dilakukan dengan baik dan benar. Jangan lewatkan perencanaan tips diet untuk vegetarian yang sesuai supaya hasil yang didapatkan juga memuaskan.


1. Let's Just Do It!


Foto: https://id.pinterest.com/

Sama seperti diet biasa, langsung saja lakukan. Jangan ditunda-tunda untuk melakukannya besok, lusa, minggu depan, bulan depan, atau tahun depan. Yakin, deh. Penundaan akan terus berlanjut dan kamu tak akan pernah bisa menjalani diet. Begitu pula dengan tips diet untuk Vegetarian.

Setelah mengetahui apa itu vegetarian dan bagaimana cara dietnya, langsung saja lakukan. Kamu bisa melakukannya bertahap. Tips diet untuk vegetarian ini sangat ampuh, lho. Kamu bisa awali dengan satu hari menjadi vegetarian. Lalu tambah durasi menjadi 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, dan tubuhmu akan terbiasa dengan pola tersebut.


2. Buatlah Jurnal Meal Plan


Foto: https://id.pinterest.com/

Meal plan sendiri adalah rencana makan kamu berdasarkan diet yang sedang kamu jalani. Seperti tips diet untuk vegetarian misalnya. Buatlah jurnal perencanaan makanmu dengan cara membuat catatan makanan apa saja yang harus dimakan mulai dari sarapan, snack, makan siang, hingga makan malam.

Usahakan untuk tidak makan di luar jurnal makan kamu yang sudah direncakan untuk menghindari gagal diet Vegetarian. Kamu harus disiplin karena kedisiplinan ini akan menjadi sebuah kebiasaan dan membuahkan hasil yang kamu mau.


3. Mulai dengan yang Sederhana


Foto: https://id.pinterest.com/

Supaya upayamu tak terasa sulit dilakukan, mulailah dengan yang sederhana. Dengan cara mengikuti beberapa menu sederhana yang bahan-bahannya mudah didapatkan. Kalau kamu tak bisa memasak, mungkin kamu bisa katering saja dulu atau kalau ingin berhemat ya memasak, tapi carilah resep yang mudah dan kamu suka rasanya. Lumayan menambah skill, 'kan?

Tips diet untuk vegetarian ini bisa banget kamu lakukan untuk keseharianmu tanpa perlu merasa repot. Untuk membuka harimu, cobalah meminum larutan madu dengan air lemon saat perut masih kosong. Gunanya untuk mendetoks tubuh dari toksin-toksin yang ada dalam tubuh.

Lalu, untuk sarapan cukup santap telur mata sapi tanpa kuning telur. Karena kuning telur mengandung banyak lemak, gantilah dengan paprika, alpukat, atau jamur. Atau bisa nikmati saja buah-buahan.

Pada saat makan siang, kurangi porsi karbohidrat. Gantilah dengan banyak sayuran segar atau sayuran kukus. Pokoknya porsi sayur harus lebih banyak dibanding karbohidratnya. Makanan yang bisa kamu makan untuk makan malam adalah yang ringan-ringan saja. Seperti misalnya sup sayuran atau salad sayuran. Hindari karbohidrat, ya.



4. Add More!


Foto: https://id.pinterest.com/

Mungkin juga kamu ingin nyemil di sela-sela makan utama. Kalau kamu merasa masih kelaparan, bisa cemil beberapa potong buah-buahan atau minum segelas jus buah dan sayuran. Sebaiknya jangan menunggu untuk lapar supaya kamu tidak kalap. Tapi kamu bisa tambahkan porsi buah atau sayuran yang rendah kalori untuk mengganjal perut kamu supaya tidak kelaparan dan ingin makan di luar rencana makanmu. Tips diet untuk vegetarian ini cukup ampuh dilakukan pada orang yang kurang bisa mengontrol hawa nafsu makannya dan yang hobinya nyemil.



5. Vegetarian Circle Friends


Foto: https://id.pinterest.com/

Demi melancarkan tips diet untuk Vegetarian penting untuk berada di lingkungan yang sama-sama sedang berjuang diet vegetarian. Carilah komunitas vegetarian terdekat yang bisa diajak sharing dan hangout bersama. Hal tersebut tentu akan membuatmu termotivasi dan semakin kuat dalam menjalani tips diet untuk vegetarian ini.


Tapi untuk kamu yang masih belum bisa melepas nikmatnya merasakan daging-dagingan dan produk hewani lainnya, ada banyak banget cara untuk tetap melakukan tips untuk diet Vegetarian, kok. Yaitu caranya dengan mencari resep-resep makanan untuk diet Vegetarian. Ada daging-dagingan yang terbuat dari produk nabati tapi rasanya seperti daging beneran! Cari resepnya di sini!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id