sign up SIGN UP

LIFE

Mencegah Virus Corona dengan Marmalade, Ikuti Cara Buatnya Yuk!

Astari Larasati | Selasa, 07 Apr 2020 02:00 WIB
Mencegah Virus Corona dengan Marmalade, Ikuti Cara Buatnya Yuk!
caption
Banyak makanan serta minuman sehat yang bisa menangkal virus corona yang saat ini menyebar, salah satunya dengan buah jeruk. Menurut penelitian, olahan marmalade yang terbuat dari kulit jeruk. Ikuti cara pembuatannya yuk Ladies!

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Gadjah Mada (UGM), ditemukan senyawa yang mampu mencegah penyebaran virus corona pada kulit jeruk atau hesperidin. Untuk itu, kamu bisa mengolahnya menjadi olesan atau selai.
 


Marmalade ini memang mirip dengan selai yang bisa kamu oleskan di kue atau roti. Rasanya unik yaitu kombinasi manis, asam, dan sedikit pahit. Proses pembuatannya pun cukup mudah lho, yuk intip!
 


Foto: Istimewa

Pertama, siapkan lima buah jeruk navel atau sunkist berukuran besar, satu buah lemon, 1,5 kilogram gula pasir, dan satu liter air matang. Lalu masukkan jeruk dan lemon utuh dalam panci. Isi dengan air sampai permukan jeruk terendam dan panaskan hingga air mendidih.
 



Tunggu hingga jeruk melunak (kurang lebih satu jam), jika sudah selesai angkat dan sisihkan. Kalau jeruk sudah dingin, potong menjadi dua bagian. Ambil buah dengan sendok kemudian bungkus dengan kain kasa yang diikat. Setelah itu rebus hingga 20 menit.
 


Foto: Istimewa

Jika sudah selesai, peras kain kasa dan sisihkan, kemudian masukkan gula dan rebus hingga mendidih sampai mengental sambil diaduk dengan api kecil. Saat marmalade sudah mengental sempurna, tuang ke dalam botol kaca yang kamu punya.
 


Ingat Ladies, kamu harus memasukannya dalam keadaan panas. Jangan lupa, botol kaca tersebut sudah disterilisasi dengan cara direbus dulu. Marmalade sudah siap dikonsumsi dan disajikan, cukup mudah bukan membuatnya?
 


Foto: Istimewa

Dalam memilih jeruk, kamu bisa pilih buah yang bagus kualitasnya tanpa ada ada kerusakan. Karena jika kamu memakai jeruk dengan kualitas yang rendah akan membuat marmalade jadi lebih mudah menurun kualitasnya nanti.
 


Sedangkan jeruk yang bagus pasti mengandung pectin yang saat dimasak dengan gula akan menghasilkan rasa asam yang khas. Pectin juga akan membuat marmalade lebih kental dan awet. Selain itu, pilih jeruk yang sedikit matang.
 


Foto: Istimewa

Selain itu, gunakan kulit jeruk yang diparut, bukan dipotong-potong. Namun jangan terlalu halus agar masih ada tekstur saat nanti dikonsumsi. Marmalade biasa dijadikan olesan untuk roti, kue, dessert, sampai pastry.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id