sign up SIGN UP

LIFE

Mengapa Dianjurkan Berbuka dengan Makanan Manis? Ini 3 Fakta Kesehatannya!

Izzul Umami | Selasa, 05 May 2020 09:00 WIB
Mengapa Dianjurkan Berbuka dengan Makanan Manis? Ini 3 Fakta Kesehatannya!
caption
Mengapa sih kayaknya perlu banget buat berbuka dengan yang manis-manis? Well, ada 3 fakta yang wajib kamu tahu.

“Berbukalah dengan yang manis” bukan sekedar himbauan belaka. Nyatanya, memang ada banyak sekali manfaat dari memulai menu berbuka dengan menu yang manis. Nggak usah takut kegemukan juga ya, Ladies. Asalkan tak berlebihan, makanan manis tak bakal bikin gemuk kok. Ada penjelasan ilmiah mengapa makanan manis sangat perlu kamu gunakan sebagai pembuka menu berbuka puasa.
 


1. Setelah Berpuasa dari Imsak Sampai Maghrib, Kadar Gula Tubuh Menurun



Sering merasa lemas saat berpuasa? Wajar kok! Hal ini terjadi karena kadar gula dalam tubuh menurun. Nah, ketika berbuka puasa, kita wajib untuk mengawalinya dengan makanan manis agar kadar gula yang hilang tergantikan.


Foto: Istimewa


 



2. Makanan Manis Saat Berbuka Sebaiknya Berasal dari Bahan Alami



Banyak yang menganjurkan kurma sebagai menu mengawali buka puasa. Kurma sendiri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kadar gula alami. Bila tak ada kurma, semangkuk kolak manis bisa jadi santapan. Jangan lupa untuk selalu menyantapnya tanpa berlebihan. 


Foto: Istimewa


 


3. Makanan Manis Tak Bikin Kegemukan Asal Tahu Kadarnya



Kadar gula harian yang boleh dikonsumsi manusia adalah hanya 5 persen saja dari total kebutuhan karbohidrat harian. Ini berarti, kamu cuma boleh konsumsi sedikit saja makanan manis. Memaksakan mengkonsumsi makanan manis dalam kadar yang berlebihan bisa bikin gula darah naik, loh.


Foto: Istimewa


 


Pengecualian Untuk Mereka dengan Riwayat Diabetes



Khusus untuk mereka dengan riwayat diabetes, sangat tidak dianjurkan untuk konsumsi gula. Bila memang perlu, gunakan gula khusus diabetes seperti Tropicana Slim atau Diabetasol. Dianjurkan pula untuk minum air putih sebanyak-banyaknya agar pencernaan lancar. Penderita diabetes bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kadar gula, tapi hanya disuruh untuk mengurangi kadarnya saja.

Selain itu, makanan berlemak juga wajib dihindari karena bisa berubah menjadi gula di kemudian hari. Makanan berlemak pada penderita diabetes juga termasuk pantangan karena sifatnya yang bisa berubah menjadi gula bila nggak dipakai untuk beraktifitas. 



Well, ladies, beberapa fakta mengenai berbuka dengan makanan manis tersebut sangat penting untuk diketahui. Asal dalam takaran yang pas, gula bakal bagus untuk kesehatan, kok. Tetap semangat berpuasa ya! Jangan lupa untuk selalu keep healthy biar puasa selalu fit!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id