sign up SIGN UP

LIFE

Minyak Kedelai Bisa Digunakan untuk Memasak dan Menyehatkan

Jovita | Kamis, 15 Oct 2020 21:15 WIB
Minyak Kedelai Bisa Digunakan untuk Memasak dan Menyehatkan
Minyak Kedelai untuk Memasak/ Foto: Food.detik.com

Di Indonesia, ada beberapa jenis minyak yang biasa digunakan untuk memasak, seperti minyak nabati, minyak zaitun, minyak jagung dan yang paling umum adalah minyak kelapa sawit. Sayangnya penggunaan minyak sawit ini, jika digunakan untuk memasak dan menggoreng makanan apalagi berkali-kali, kandungannya bisa berubah menjadi senyawa berbahaya yang bisa merusak kesehatan makanan dan tubuh. 

Sebagai alternatif sebenarnya minyak kedelai bisa digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit asalkan dengan penggunaan yang tepat. Menurut beberapa ahli, minyak kedelai dinilai lebih sehat dibandingkan minyak lainnya karena memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan lemak jenuh yang terdapat di dalam minyak sawit.

Namun, masyarakat Indonesia biasanya enggan menggunakan minyak kedelai untuk memasak atau menggoreng makanan karena harganya yang lebih mahal dan kurang cocok dengan budaya orang Indonesia yang menggunakan minyak goreng berulang kali.


Manfaat yang Terkandung dalam Minyak Kedelai

Manfaat Minyak Kedelai/ Foto: Food.detik.com
Manfaat Minyak Kedelai/ Foto: Food.detik.com

Minyak kedelai tentunya memiliki banyak mafaat bagi kesehatan tapi ingat cara pemakaian minyak kedelai haruslah tepat dan jangan berlebihan. Beberapa manfaat dalam minyak kedelai, yaitu

  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Mengurangi gejala Alzheimer
  3. Merangsang pertumbuhan rambut yang sehat
  4. Menjaga pertumbuhan tulang
  5. Melindungi kesehatan mata
  6. Baik untuk jantung
  7. Mencegah anemia
  8. Meredakan gejala menopause
  9. Mencegah kanker

Minyak kedelai dapat memberikan beberapa manfaat di atas karena kandungan yang dimilikinya berdampak positif bagi tubuh. Beberapa kandungannya, antara lain antioksidan, isoflavon, asam linoleat, vitamin, zat besi, asam lemak omega-3, dan lainnya.

Bagaimana Cara Tepat Menggunakan Minyak Kedelai untuk Memasak

Minyak Kedelai untuk Dressing Salad/ Foto: Pexels.com
Minyak Kedelai untuk Dressing Salad/ Foto: Pexels.com

Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, menjelaskan bahwa cara terbaik untuk menggunakan minyak kedelai adalah sebagai dressing makanan. Hal ini karena proses tersebut tidak akan merusak kandungan yang terdapat dalam minyak kedelai, seperti omega-3, omega-6, dan asam lemak tak jenuh tunggal.

Jika Beautynesian ingin menggunakan minyak kedelai untuk menggoreng makanan, sebaiknya jangan gunakan minyak kedelai bekas pakai untuk menggoreng makanan berulang kali. Paling maksimal kamu hanya boleh menggunakan minyak kedelai untuk menggoreng makanan sebanyak dua kali.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id