sign up SIGN UP

Murah dan Berkhasiat! 5 Resep Minuman Ini Cocok Dinikmati saat Musim Hujan Tiba, Cobain Yuk

Erlin Santosa | Selasa, 23 Nov 2021 19:00 WIB
Murah dan Berkhasiat! 5 Resep Minuman Ini Cocok Dinikmati saat Musim Hujan Tiba, Cobain Yuk
Minuman hangat bisa menjaga stamina tubuh saat musim hujan/Foto: Pexels.com/Kampus Production

Musim hujan panjang yang tengah terjadi belakangan ini tentu membuat cuaca dan udara sekitar menjadi sangat dingin. Jika nggak memperhatikan kesehatan tubuh, ancaman dari berbagai penyakit pun tentu akan selalu mengintai. Namun, hal itu bisa diantisipasi, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan maupun minuman penghangat yang mampu menjaga kondisi tubuh kita agar tetap prima.

Memiliki banyak khasiat, beberapa resep minuman hangat ini cocok kamu nikmati dan buat di rumah, lho. Jangan khawatir, karena cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya pun gampang untuk dicari. Yuk, disimak!

Bir Pletok

Bir pletok cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Goodnewsfromindonesia.id
Bir pletok cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Goodnewsfromindonesia.id

Jangan terkecoh dengan namanya, karena bir yang satu ini sama sekali nggak mengandung alkohol. Minuman ini ternyata memiliki langkah pembuatan yang sangat mudah lho.

Beberapa bahan rempah yang perlu disiapkan adalah jahe, cengkeh, pala, lada, sereh, kapulaga, dan kayu manis. Kamu juga butuh beberapa bahan tambahan lainnya seperti daun pandan, daun jeruk juga kayu secang. Seluruh bahan kemudian dimasak bersama hingga matang, lalu tambahkan gula sesuai selera ya!

Wedang Jahe

Wedang jahe cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Haibunda.com
Wedang jahe cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Haibunda.com

Minuman hangat satu ini cukup digemari oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat dan berkhasiat menghangatkan tubuh, terlebih lagi diĀ musim hujan seperti sekarang. Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa bahan seperti jahe, sereh, bunga lawang, kayu manis, lada juga daun pandan sebagai bahan penyedap.

Jahe yang sebelumnya telah dipanggang akan direbus lebih dulu, lalu disusul dengan komponen lainnya dan kemudian dimasak bersama hingga matang. Wedang jahe pun siap dalam waktu sekejap, tinggal kita tambahkan gula sesuai selera!

Bajigur

Bajigur cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Masakapahariini.com
Bajigur cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Masakapahariini.com

Hanya menggunakan rempah jahe dan kayu manis, bajigur tetap menjadi minuman hangat yang dipilih banyak orang untuk dinikmati saat musim hujan, lho! Selain berkhasiat, bajigur pun memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

Nggak hanya menggunakan rempah, komponen bajigur juga terdiri dari beberapa macam bahan lainnya seperti santan, kopi bubuk, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan memasak seluruh bahan bersama hingga matang dan segelas bajigur pun bisa langsung kita nikmati.

STMJ

stmjSTMJ/ Foto: Detik Food

STMJ merupakan singkatan dari Susu, Telur, Madu, Jahe, sebuah minuman hangat yang diambil beberapa bahan utamanya. Sesuai dengan namanya, minuman STMJ terdiri dari campuran susu, telur, madu dan jahe dengan tambahan beberapa bahan rempah lainnya.

Untuk membuat minuman ini, pertama-tama kita perlu mencampurkan telur dan madu lebih dulu. Campuran tersebut lalu akan digabung dengan susu yang sebelumnya telah direbus bersama jahe, cengkeh serta kapulaga. STMJ pun siap dinikmati di sore hari sembari santai menikmati hujan!

Teh Sereh

Teh serai cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Food.detik.com
Teh sereh cocok dinikmati saat musim hujan/Foto: Detik Food

Jika memiliki banyak persediaan teh dan sereh di rumah, tampaknya resep minuman yang satu ini wajib untuk dicoba. Memiliki rasa yang nikmat dan beragam khasiat kesehatan, untuk membuat teh sereh hanya dibutuhkan bahan seadanya serta cara pengolahan yang sangat mudah dan praktis.

Kita hanya perlu menyiapkan bahan berupa teh, beberapa batang sereh yang sudah dimemarkan juga gula. Campuran bahan tersebut lalu dimasak bersama hingga matang kemudian siap dinikmati bersama sepiring pisang goreng untuk melepas rasa dingin dari tubuh.

Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id