sign up SIGN UP

LIFE

Musim Hujan Tiba, Konsumsi 5 Makanan Sehat Saat Sahur untuk Hangatkan Tubuh

Vindi Fitriana | Rabu, 29 Apr 2020 20:00 WIB
Musim Hujan Tiba, Konsumsi 5 Makanan Sehat Saat Sahur untuk Hangatkan Tubuh
caption
Saat musim hujan tiba biasanya daya tubuh akan menurun sehingga lebih rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena virus dan bakteri mudah tersebar dalam kondisi lembap. Apalagi saat ini Indonesia telah dilanda wabah virus corona atau COVID-19 Nah, kamu harus untuk menjaga tubuh agar sehat dan tidak mudah untuk terserang penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat berikut ini. Cocok juga lho untuk menu sahur!

1. Sup Ayam




Foto: https://www.freepik.com/

Sup ayam bisa membuat tubuhmu menjadi hangat saat musim hujan seperti ini. Apalagi kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran dan ayam dalam sup ini membuat tubuhmu menjadi sehat. Bawang putih yang menjadi bumbu utama dalam membuat sup dapat memperkuat imunitas dan mencegah tubuhmu dari serangan demam dan flu.
 


2. Soto Ayam




 


Foto: https://www.freepik.com/

Makanan berkuah kuning satu ini bagi sebagian orang di daerah tertentu pasti pernah merasakan bukan? Makanan sehat yang bernama soto ayam ini dimasak dengan menggunakan kunyit dan jahe. Apalagi disantap saat musim hujan seperti ini dapat membuat tubuhmu menjadi hangat dan sehat.

Kandungan jahe dalam bumbu soto ayam ini dapat bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Selain itu, jahe memiliki kandungan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, pilek, dan demam.



3. Sup Labu




Foto: https://www.freepik.com/

Seringkali buah labu dijadikan sebagai sup. Apalagi di musim hujan yang dingin ini sup labu menjadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi. Karena sup labu kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti litein dan karoten.

Sup labu tidak hanya menghangatkan tubuh saja, tetapi bisa membuat kamu lebih kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.Yuk, bagi yang belum pernah mencicipinya. Kamu bisa mencicipinya ya. Dijamin tubuhmu akan menjadi hangat dan sehat dengan makanan sehat sup labu ini.


4. Oat




Foto: https://www.freepik.com/

Bukan hanya untuk diet dan penyakit jantung saja. Makanan sehat satu ini dapat membuat tubuhmu tetap terjaga sehat. Apalagi saat kamu konsumsi di musim hujan seperti ini. Oat mengandung lebih dari 50 nutrisi yang diperlukan tubuh di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam oat dapat menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, serta sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa membuat oat dengan cara diseduh dengan air panas dan bisa ditambahkan buah sebagai pelengkap dalam makanan sehat oat ini.


5. Capcay




Foto: https://id.pinterest.com/

Capcay merupakan salah satu makanan sehat yang terdiri dimasak dengan berbagai sayuran, seperti wortel, kembang kol, caisim, jagung muda dan brokoli. Makanan satu ini dapat kamu santap saat musim hujan seperti ini. Apalagi sayuran yang terkandung dalam capcay ini kaya akan nutrisi dan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Suplemen yang Sebaiknya Kamu Minum Agar Tetap Fit Selama Puasa


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id